HETANEWS

Jaga Kelangsungan Singa Afrika di Taman Hewan

Manager THPS Khoiruddin, (kanan) bersama BKSDA Sumut (tengah) dan Polhut BKSDA Jambi. (Ayu)

Siantar, hetanews.com - Taman Hewan Pematangsiantar (THPS) yang juga merupakan Lembaga Konservasi (LK) dalam pengembangbiakan satwa melakukan barter dengan Taman Satwa Rimbo Jambi. 

"Singa Afrika Jantan didatangkan dari Taman satwa Rimbo Jambi dan sebaliknya Singa Afrika Betina dari THPS diantar ke Jambi," jelas Manager THPS, Khoiruddin didampingi kabid Wil II BKSDA Sumut, Seno dan Polhut BKSDA Jambi, Sartono kepada wartawan, Jumat (10/8/2018) malam.

Dijelaskan Khoir, sebelumnya di THPS ada empat Singa Afrika, tiga betina dan satu jantan. Karena singa tersebut masih satu keturunan (sedarah), perkembangbiakan yang dilakukan selalu gagal.

"Sedangkan di Jambi ada tiga Singa Afrika jantan dan memerlukan betina. Atas dasar inilah dilakukan penukaran satwa tersebut. Dengan harapan di Jambi dapat dikembangbiakkan dan sebaliknya di THPS juga dapat bereproduksi dengan baik," harap Khoir.

Singa Afrika Jantan asal Jambi yang sudah berada di THPS. (Ayu)

Hanya saja, singa mengalami sedikit luka lecet di bagian kening karena sempat meronta saat akan dibawa ke Pematangsiantar. Namun, kondisi fisik satwa cukup baik dan untuk sementara masih di sel karantina guna perawatan dan pemeriksaan medis dari dokter hewan THPS.

Penulis: ay. Editor: anto.