HETANEWS

Selain Ringkus 6 Pembobol Toko, Polisi juga Bekuk Kurir dan Bandar Sabu asal Tanah Jawa

Delapan tersangka Narkoba dan barang bukti pascadiringkus petugas Sat Narkoba Polres Siantar. (foto/hza)

Siantar, hetanews.com- Polisi meringkus 6 orang pelaku yang menggunakan narkoba jenis sabu, di Penginapan Sikhar, Kecamatan Siantar Sitalasari, pada, Kamis (9/8/2018), lalu.

Enam pelaku tersebut, yakni, Syafrizal alias Black (28), warga Jalan Kemiri III, Simpang Limun, Kelurahan Sidorejo, Kota Medan, dan Ari Kurniawan (35), warga Jalan Kenanga, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Pendi Siregar alias Paman (43), warga Simpang Bambu, Gg Masjid, Kelurahan Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, dan Saut Maroloan Pangaribuan (28), warga Jalan Bukit, Simpang Sitampulak, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun.

Lalu Sania (36), warga Jalan Rakutta Sembiring, Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba, dan Eka Rahmadia (30), warga Jalan Bola Kaki, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat. Kedua wanita ini, perannya sebagai penadah barang hasil rampokan.

Enam pelaku ini ditangkap saat sedang pesta sabu pasca berhasil membongkar toko, di Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun dan berhasil menggasak 43 tabung gas LPG ukuran 3 kilogram.

Dan barang bukti itu sudah disita petugas, bersama dua unit mobil jenis Honda Mobilio dan Avanza.

Polisi pun melakukan pengembangan untuk mencari tahu, dari mana keenam pelaku mendapat barang bukti untuk mereka pakai, di penginapan Sikhar.

Kasat Narkoba Polres Siantar, AKP Erwin Tito Harahap, mengemukakan, dari hasil pemeriksaan, pihaknya berhasil mengidentifikasi nama kurir dan bandar narkotika yang berada di Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

" Kita lakukan under cover buy, sehingga bandar menyuruh kurir untuk mengantarkan dan sepakat transaksi di Jalan Bola Kaki Siantar dan dilakukan penangkapan terhadap kurir, bernama Ripai (41), warga Huta III Karang Keri, Desa Silampuyang, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun dan ditemukan 3 paket diduga narkotika," ungkap Tito Harahap, pada Jumat (10/8/3018).

Dari keterangan Ripai, barang bukti tiga peket yang disita petugas, diperolehnya dari Budi Pramono yang merupakan bandar narkotika.

"Kita berangkat lagi ke Desa Silampuyang, Tanah Jawa dan melakukan penangkapan terhadap Budi Pramono. Dari Budi, kita menyita16 paket diduga narkotika jenis sabu,"ucapnya.

Baca Juga: Selain Kasus Sabu, Keenam Pelaku Ini juga Jarah 43 Tabung Gas 3 Kg di Tanah Jawa

Tito Harahap mengatakan, keenam pelaku yang terlebih dahulu mereka tangkap dari dua lokasi di penginapan Sikhar, yakni, dari Kamar nomor 5 dan 10.

" Dari lokasi penangkapan pertama disita barang bukti, berupa satu alat hisap sabu (bong),  terbuat dari botol plastik, satu pipa kaca bekas pakai sabu seberat 1.34 gram bruto dan satu kotak rokok sampoerna yang berisi satu paket narkotika diduga jenis sabu, seberat  0,16 gram berat bruto," ujarnya.

Lanjut Tito Harahap, dari hasil pengembangan TKP, kedua dan ketiga, selain narkotika, barang bukti lain juga disita.

"Dari TKP kedua, disita tiga paket narkotika diduga jenis sabu, sepeda motor Yamaha Xeon BK 6719 TAP dan Hp merk nokia dan dari TKP ketiga disita tas sandang warna hitam merk jeep, didalam ada satu dompet berisi enam belas paket narkotika diduga jenis sabu,"pungkasnya.


Penulis: hza. Editor: gun.