Sat 15 Dec 2018
CITIZEN JOURNALISM

Kabarnya, Pemkab Simalungun Rayakan HUT RI ke 73 di SMA Plus Efarina Saribudolok

Simalungun,hetanews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan menggelar perayaan HUT RI ke 73 di atas lahan SMA Plus Efarina, di Saribudolok, Kecamatan Silimakuta. Diduga lahan tersebut milik Bupati Simalungun, JR Saragih.

Terungkapnya persoalan alokasi tempat perayaan HUT RI ini, berawal dari beberan sejumlah PNS Pemkab Simalungun. Saat hetanews.com mengkonfirmasi keberadaan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Seluruh kadis sedang mengikuti rapat pemantapan perayaan HUT RI ke 73 Tahun 2018 ke Saribudolok. Yang mimpin rapat, Bupati dan Sekda, turut bersama di sana," ungkap sejumlah PNS Pemkab Simalungun, kemarin.

"Ia, gak jadi di Parapat. Makanya, sekarang itu darurat. Semula direncanakan di Pantai Bebas Parapat, tau - tau jadwalnya diubah dan akan dilaksanakan di lahan SMA Plus Efarina, di Saribudolok, Kecamatan Silimakuta," bilangnya.

Terkait persoalan ini, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Simalungun, Akmal Siregar, Jumat (10/8/2018), pukul 17.00 WIB dari seberang telepon seluler miliknya, tidak membantah.

"Upacaranya dilaksanakan di SMA Efarina, karena dilapangan itu tidak mungkin dilaksanakan upacara. Di lapangan Saribudolok, depan Gereja Katolik," jelasnya sambil mempertegas kalau lapangan Saribudolok kapasitasnya tidak memadai.

Di Parapat kan sudah pernah, ya kegiatan HUT RI yang ke 73 ini dilaksanakan di Saribudolok. Upacara kenegaraannya dilaksanakan di SMA Efarina karena lapangan kita gak ada yang memadai untuk tempat upacara, ujarnya.

Yang kedua, kita juga mengakomodir permintaan pemuda setempat. Karena mereka melaksanakan turnamen sepak bola. Yang finalnya dilaksanakan tanggal 17, tandasnya.

"Kan gak mungkin lapangan dipakai untuk final sepak bola disitu dilaksanakan upacara," terangnya.

Tapi hiburannya dilaksanakan di lapangan di depan Puskesmas di pinggir jalan. Hiburannya yang pertama, dihibur oleh artis ibukota. Artisnya, Fia Valen. Ada juga Perkolong - kolong, artis Simalungun, beritahunya.

Kemudian diadakan doorfrice. Jadi ternak kerbau, kambing, ayam tidak boleh dilepas saat perayaan. Bupati Simalungun sebagai Irup mengenakan gotong. Dan peserta lainnya juga menggunakan pakaian adat, tandasnya mengakhiri.

Penulis: zai. Editor: gun.