Mon 20 Aug 2018

Sarintan Damanik Dinilai Layak jadi Rektor USI, Ini Alasannya

Sarintan Efratani Damanik, calon Rektor USI.

Siantar,hetanews.com- Dosen Fakultas Kehutanan dan juga Kaprodi Perencanaan Wilayah Pasca Sarjana USI, Dr Sarintan Efratani Damanik, layak menjadi Rektor Universitas Simalungun (USI).

Sarintan yang sudah mengabdikan dirinya puluhan tahun sebagai tenaga pengajar, dinilai punya pengalaman dan konsep memajukan USI.

"Ibu Sarintan Damanik layak jadi rektor. Bagaimana USI dulu, saat ini dan yang akan datang, pasti diketahuinya. Beliau juga cakap di bidangnya," kata Risma Saragih, alumni USI kepada wartawan, di Siantar, Kamis (9/8/2018).

Menurutnya, Sarintan adalah alumni USI tahun 2001. Komitmen dan kecintaannya terhadap USI tidak diragukan lagi.

Sebab, ia menyelesaikan sarjana (S I) di Fakultas Kehutanan USI hingga menjadi dosen. "Pengalaman ku, beliau selalu berpikir objektif. Tidak membeda-bedakan pertemanan, agama dan etnis. Asyik diajak berdiskusi, baik soal kampus, masyarakat dan negara," ujarnya.

"Bicara soal kehutanan, ibu itu jagoannya. Apalagi beliau saat ini doktor bidang perencanaan wilayah. Mengapa USI belum semaju kampus yang lain, jangan-jangan, ada yang salah dengan perencanaan,"tambahnya.

Pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Sarintan akan membantu kemajuan USI. Oleh karena itu, Risma, mengajak para alumni USI dan pihak-pihak yang cinta akan kampus USI untuk mendukung Sarintan menjadi rektor. Selanjutnya, ia berharap para anggota senat dan pembina pada pemilihan rektor nantinya agar memilih sesuai dengan hati nuraninya.

 "Visi-misi yang dibuat para calon rektor harus realistis. Itu bagian dari pertimbangan anggota senat dan pembina untuk memilih. Jangan salah pilih," pungkasnya.

Suksesi kepimpinan Rektor USI sudah dimulai pada bulan Juli 2018, lalu.

Lima orang dosen telah mendaftar. Mereka adalah Dr Sarintan Efratani Damanik MSi, Dr Corry Purba MSi, Dr Pinondang Nainggolan MSi, Bernaulus Saragih PhD dan Prof Dr Marihot Manullang.

Dari kelima calon rektor tersebut, empat orang tercatat sebagai dosen USI, kecuali Bernaulus yang merupakan dosen Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.

Penulis: tim. Editor: gun.