Mon 22 Oct 2018
CITIZEN JOURNALISM

3 Pelaku Curanmor Diinapkan di Polsek Perdagangan

Ketiga tersangka, berikut barang bukti saat diamankan di Polsek Perdagangan. (foto/zai)

Simalungun,hetanews.com - Unit Reskrim Polsek Perdagangan berhasil menangkap 3 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), yaitu 1 unit Yamaha type Mio Z warna hitam list biru, No. Pol BM 3183 YM (barang bukti,red).

Sepeda motor itu diketahui milik korban Dewi Kristina Tampubolon (26), bidan Rumah Sakit Karya Husada, warga jalan Stadion, Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun yang hilang pada Senin (27/11/2017), lalu, sekira pukul 08.30 WIB, di parkiran Rumah Sakit Karya Husada, jalan Merdeka, Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar Masilam. 

Adapun pelaku yang berhasil diamankan, yaitu,  RA (20), warga Kampung Teladan, Nagori Perlanaan, Kecamatan Bandar, YK (19), warga Pondok Tiga Perkebunan PTPN III Sei Mangke, Nagori Sei Mangke, Kecamatan Bandar dan  MI (35), sebagai penadah, warga Pondok Kresek Emplasmen Perkebunan PTPN III, Nagori Sei Mangke, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun.  Sedangkan seorang lagi, HL (20), warga Siantar  masih buron alias DPO.

Informasinya, bahwa pada Minggu, 26 November 2017, sekira pukul 20.00 WIB, saat itu korban memarkirkan sepeda motor tersebut, di parkiran Rumah Sakit Karya Husada, dalam keadaan stang terkunci.

Selanjutnya korban masuk ke dalam rumah sakit untuk piket jaga, dan pada hari Senin, 27 November 2017, sekira pukul 08.30 WIB, korban hendak pulang ke rumahnya dan menuju parkiran rumah sakit untuk mengambil sepeda motornya.

Korban pun kaget, begitu melihat sepeda motornya  sudah tidak ada lagi.

Korban berusaha mencari, di sekitar parkiran Karya Husada, tidak ditemukan hingga selanjutnya korban membuat laporan ke Polsek Perdagangan.

Belakangan diketahui,  bahwa aksi pelaku dilakukan pada sekitar pukul 03.00 WIB, dimana pelaku datang ke RS Karya Husada dan masuk kedalam rumah sakit itu dengan maksud mau mengambil HP.

Saat itu, para pelaku menemukan sebuah tas di atas meja, lalu mengambilnya.

Didalam tas itu, terdapat kunci sepeda motor, lalu diambil pelaku dan dicocokan ke semua sepeda motor yang ada dilokasi parkiran.

Ternyata yang cocok Yamaha Mio milik korban dan seketika itu juga para tersangka melarikannya.

Kemudian sekitar pukul 17.00 WIB, pada hari yang sama, tersangka menemui MI, di areal kebun kelapa sawit Perkebunan Sei Mangkei, tempat MI menggembalakan ternak lembu milik warga pondok. Kemudian  sepeda motor itu dijual para tersangka kepada MI seharga Rp.700.000,-.

Dan tertangkapnya para tersangka, saat Unit Reskrim Polsek Perdagangan mendapat informasi, bahwa salah seorang yang diduga sebagai pelaku berinisial RI, sedang berada di hotel Prima Graha, jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar, Simalungun.

Selanjutnya anggota lidik langsung mengamankan pelaku dan hasil keterangan pelaku RI, bahwa dia melakukan pencurian bersama 2 orang temannya.

Kemudian sekira pukul 14.30 WIB, diamankan YK, di Pondok Tiga Perkebunan PTPN III Nagori Sei Mangke dan dari keterangan YK, bahwa sepeda motor milik korban, dijual kepada temannya yang diketahui bernama MI.

Dan sekira pukul 15.00 WIB, MI diamankan dari warung tuak, di Huta VII, Nagori Marihat Bandar bersama dengan sepeda motor milik korban.

Saat ini ketiga pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polsek Perdagangan untuk proses selanjutnya.

 

 

 

Penulis: zai. Editor: gun.