HETANEWS

Wali Kota Tebingtinggi Minta Siapkan Pojok ASI di Tempat Umum

Kegiatan sosialisasi koordinasi lintas sektoral dalam fasilitas pemberian Air Susu Ibu (Asi) ditempat umum yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi. (foto/fer/nal)

Tebingtinggi, hetanews.com-Wali Kota Tebingtinggi diwakili staf ahli Bambang Sudaryono membuka kegiatan Sosialisasi Koordinasi Lintas Sektoral dalam fasilitas pemberian Air Susu Ibu (Asi) di tempat umum yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan di RM Pondok Bagelen, Jalan Deblot Sundoro, Kota Tebingtinggi.

Sosialisasi diikuti oleh lintas instansi, para Kepala Puskesmas (Kapus), para pimpinan BUMN, pimpinan RS Swasta dan Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Kemenag, Polres Tebingtinggi, serta para camat dan lurah se Kota Tebingtinggi. 

Dalam sambutan tertulisnya, Wali Kota Tebingtinggi menyampaikan, ASI ekseklusif merupakan asupan bayi yang sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan dalam bidang kesehatan dapat dilihat dari penurunan angka kematian bayi serta peningkatan status tercukupinya kebutuhan gizi di masyarakat. 

Saat ini bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada masalah gizi ganda. Di satu sisi masih banyak warga penderita kekurangan gizi, sementara di sisi lainnya, warga yang cendrung telah kelebihan gizi mengalami peningkatan.

"Untuk itulah sejak bayi lahir hingga berusia dua tahun, asupan ASI sangat diperlukan. Dan selama usia bayi masih di bawah enam bulan, bayi cukup hanya diberi ASI tanpa menambah atau menganti dengan makanan," jelasnya. 

Berdasarkan hasil Riskesdes Tahun 2013 lalu, pencapaian ASI eksklusif di Tebingtinggi mencapai 30,3 persen. Hal itu masih jauh dari target pencapaian nasional. "Untuk itu tidak boleh ada lagi alasan ibu-ibu tidak menyusui bayinya karena berada di tempat umum," sebutnya. 

Wali Kota berharap kepada seluruh instansi pemerintah, khususnya instansi pelayanan umum agar segera menyiapkan fasilitas pojok bagi para ibu untuk memberikan ASI kepada bayinya. Termasuk kantor camat dan kantor lurah. 

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Kota Tebingtinggi, dr. H. Nanang Fitra Aulia, Sp.PK dalam laporanya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan penyediaan tempat meningkatkan kesehatan ibu untuk menyusui bayi dengan lebih privasi, aman dan nyaman. Kegiatan yang juga dihadiri Kepala OPD, lintas program dan lintas sektor mendatangkan narasumber dari Dinkes Provsu, dr. Dewi Ambarwati.

Penulis: tim. Editor: anto.