Mon 22 Oct 2018

Apin dan Cen Han Benarkan Kesaksian Polisi

Para saksi polisi saat melihat barang bukti yang dihadirkan jaksa, di persidangan, di depan majelis hakim PN Simalungun.(foto/ayu)

Simalungun,hetanews.com- Terdakwa Apin (47), warga jalan Dr Wahidin Siantar dan terdakwa Cen Han alias Aan (45), warga jalan Diponegoro Siantar, membenarkan kesaksian polisi, di Pengadilan Negeri (PN)Simalungun, Selasa (7/8/2018).   

Saksi Andi Nainggolan, M Syarif dan Donald Tobing, menerangkan, benar telah melakukan penangkapan terhadap 2 terdakwa yang sedang mengendarai Honda Vario BK 3869 WAC. Saksi mengakui, telah mendapat informasi tentang para terdakwa yang akan mengantarkan sabu.   

Keduanya ditangkap, di kompleks perumahan Griya, Nagori Siantar State, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, pada Rabu, 28 Pebruari 2018.

Siang itu, petugas menyita sepaket sabu dari dasboard sepeda motor milik Kristin (kakak terdakwa Apin).   

Terdakwa, Apin mengakui, sabu tersebut dibeli dari M Gelora Tarigan alias Tongat (didakwa terpisah). Dalam persidangan siang itu, jaksa Christianto, juga memperlihatkan barang bukti, di depan majelis hakim dan saksi membenarkan barang bukti tersebut.   

Kesaksian petugas itu, dibenarkan kedua terdakwa "Benar pak,"kata terdakwa menjawab pertanyaan hakim saat ditanya tanggapannya terkait keterangan yang diberikan saksi.   

Jaksa, Christianto Situmorang, menjerat kedua terdakwa dengan pasal 114 (1), pasal 112 (1) dan pasal 127 (1) huruf a UU RI No.35/2009 jo pasal 55 (1) ke-1 KUHP.   

Untuk mendengarkan tuntutan jaksa, majelis hakim, pimpinan Lisfer Berutu, menunda persidangan hingga sepekan. Persidangan dibantu panitera, Jonathan Sinaga, dinyatakan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.