HETANEWS

Harga Paket Tak Sesuai Kualitas Pelayanan, Konsumen Telkomsel Mengeluh

Simalungun, hetanews.com- Kualitas signal dari provider penyedia jaringan sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari budaya penggunaan telepon pintar (smart phone), di era teknologi dewasa ini.

Namun apa jadinya, ketika konsumen pengguna kartu prabayar dan pasca bayar tidak dapat mengakses jaringan internet dengan mudah, seperti apa yang dipamerkan di iklan-iklan provider penyedia jaringan.

Kendati telah mengaktifkan sejumlah pilihan paket internet yang ditawarkan provider, namun hal itu dirasa percuma dikarenakan konsumen nyaris tidak dapat menggunakan kuota internet lantaran menurunnya kualitas jaringan internet.

Hal inilah yang dialami konsumen dari provider PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) di 2 desa yakni Desa Bukit Rejo, Desa Birung Ulu Manriah, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Sudah 1 minggu ini, konsumen mengeluhkan lambannya penanganan perbaikan stasiun pemancar jaringan (tower) milik perusahaan plat merah tersebut.

Akibatnya, para pengguna kartu Telkomsel hanya dapat menikmati kualitas sinyal 2G yang tidak dapat difungsikan secara maksimal di smart phone berbasis 3G maupun 4G.

Beberapa konsumen yang ditemui hetanews com menuturkan, mengaku kecewa atas pelayanan provider Telkomsel. Pasalnya, harga kuota paket internet dinilai tidak sesuai dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

"Kita beli paket internet sampai Rp 75 ribu untuk jaringan 3G, dan Rp 50 ribuan untuk 4G. Tapi percuma saja, sudah mahal-mahal enggak bisa di pakai karena jaringannya cuma 2G," ujar salah seorang konsumen.

Diketahui sebelumnya, kualitas jaringan 3G dan 4G di 2 desa ini dapat di akses dengan baik melalui Smartphone. Nmun pasca padamnya listrik pada pekan lalu, kini jaringan tersebut tidak dapat diakses kembali. 

Sebagai informasi tambahan, kejadian seperti ini bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya pada awal Juli 2018 lalu juga terjadi hal yang sama.

Keluhan konsumen telah dilayangkan melalui nomor kontak costumer service 188, bahkan laporan langsung ke kantor indohome juga telah disampaikan. Namun apa lacur, hingga Sabtu (4/8/2018), kualitas jaringan tidak kunjung membaik.

Penulis: pranoto. Editor: sella.