HETANEWS.COM

PGSMH Siap Demo DPRD Untuk Desak Sidang Paripurna Dugaan Etnis Simalungun

Unjuk rasa yang digelar Presidium Sapanganbei Manoktok Hitei (PGSMH) di halaman kantor DPRD Siantar, pada Rabu 25 Juli 2018. (foto:hugs)

Siantar, hetanews.com - Sejumlah etnis Simalungun yang tergabung dalam Partuha Maujana Simalungun (PMS) dan Presidium Gerakan Sapanganbei Manoktok Hitei (PGSMH) akan kembali menggelar aksi unjuk rasa.

Unjuk rasa damai yang akan digelar Senin (6/8/2018) depan, adalah memberi dukungan kepada anggota DPRD Siantar supaya membuka sidang paripurna dugaan penistaan etnis Simalungun, oleh Wali Kota Siantar Hefrianysah.

Baca: PMS Minta DPRD Siantar Buka Hasil Panitia Hak Angket ke Publik

Dalam hal ini PMS dan PGSMH serta elemen Simalungun lainnya, siap mengawal jika ada indikasi atau upaya yang menghalang-halangi sidang paripurna atas dugaan penistaan etnis Simalungun itu.

"DPRD harus segera menyelesaikan tugasnya, apa pun hasilnya. Jangan dibiarkan, hingga menimbulkan persepsi negatif di kalangan Simalungun. Paripurna ini harus diprioritaskan dulu," sebut Ketua PMS Siantar, Minten Saragih, Sabtu (4/8/2018).

Baca: Surat PGSMH Sudah Masuk, DPRD Siantar Pilih Kunker Ketimbang Paripurna?

Minten mengingatkan, agar anggota DPRD Siantar tidak mengabaikan persoalan ini sebab akan menambah luka bagi masyarakat khususnya etnis Simalungun.

Sekretaris Umum Presidium PGSMH, Herman Sipayung menambahkan, unjuk rasa ini didukung puluhan pemuda Simalungun dari Himpunan Pemuda dan Mahasiswa atau HIMAPSI, UPAS serta dari berbagai elemen generasi muda Simalungun lainnya.

Baca: Hasil Dugaan Penistaan Simalungun Dibawa Panitia Hak Angket Ke Rumah Sakit

Sebelumnya, Panitia Hak Angket DPRD telah menyerahkan hasil kesimpulan atas pembahasan dugaan penistaan etnis Simalungun yang dilakukan oleh Wali Kota Hefriansyah. 

Hasil kesimpulan tersebut telah diserahkan ke pimpinan dewan diterima langsung oleh Ketua DPRD Siantar Marulitua Hutapea. Setelah itu, seluruh Anggota DPRD Siantar melakukan kunjungan kerja ke luar kota. 

Terkait hal itu, Plt Sekretaris Dewan Siantar Wanden Siboro mengatakan, seluruh anggota DPRD Siantar telah kembali dari kunjungan kerjanya dari Kota Tangerang dan Kota Bandung. 

" Sudah di Siantar semua, hari ini nyampai. Senin ini sudah mulai masuk kantor," ujarnya.

Meskipun demikian, sidang paripurna terkait dugaan penistaan etnis Simalungun ini, terlebih dahulu dilakukan rapat badan musyawarah atau banmus.

Penulis: gee. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!