HETANEWS

Karyawan Sepadan Motor Kena OTT, Diperiksa di Kantor DLH Labuhanbatu

Pelaku saat diperiksa di kantor DLH Labuhanbatu. (foto/fendi)

Labuhanbatu,hetanews.com- Puja Mahendra (30), karyawan Sepadan Motor, di Jalan Kartini Rantauprapat, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Labuhanbatu saat sedang asyik membuang sampah, jenis bangunan, di jalan Perlayuan, Rabu (1/8/2018), sekira pukul 11.30 WIB.

Akibatnya, warga Aek Godang ini harus menjalani pemeriksaan di kantor DLH Labuhanbatu. Sedangkan satu unit mobil pick up milik Sepadan Motor juga turut ditahan.

"Ya, hari ini petugas kita berhasil melakukan OTT terhadap seorang pria sedang asyik membuang sampah dan saat ini sedang kita periksa,"ungkap Kepala DLH Labuhanbatu, Kamal Ilham.

Sekitar satu jam menjalani pemeriksaan, pelaku pembuang sampah, akhirnya dipulangkan dan diberi peringatan sanksi tertulis. Sedangkan barang bukti mobil pick up berisikan tumpukan sampah langsung ditahan.

Mobil Pick Up yang ditahan pihak DLH Labuhanbatu. (foto/fendi)

"Pelaku sudah menandatangani surat pernyataan, sedangkan mobil pick upnya kita tahan," terang Kamal.

Dijelaskan Kamal, perbuatan pelaku telah melanggar Peraturan Daerah tentang Sampah No 8 tahun 2018 pasal 36 dan pasal 42 dan pasal 36 tentang larangan membuang sampah sembarangan, di pinggir sungai, jalan, dan tempat orang lain.

"Apabila hal tersebut dilanggar, maka pelaku diberatkan dengan pasal 42 dengan ancaman minimal 6 bulan kurungan dan denda paling banyak 50 juta,"ujarnya.

Untuk itu, Kamal menghimbau kepada warga Labuhanbatu agar tidak buang sampah sembarang agar terhindar dari sanksi didalam perda tersebut.

Penulis: fendi. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.