HETANEWS

Selama Hefriansyah Naik Haji, Togar Tetap Wakil Wali Kota

Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus saat bersalaman dengan Wali Kota Siantar, Hefriasnyah ketika prosesi pemberangkatan calon Jema'ah Haji, di depan Balai Kota Siantar, Senin (30/07/2018). (Foto/Tom)

Siantar,hetanews.com- Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat ini sedang menunaikan ibadah haji, dan informasinya, dia berada di Mekkah selama 40 hari. Hal ini menimbulkan pertanyaan, siapakah yang memimpin Siantar selama Wali Kota pergi? 

Berdasarkan keterangan Kabag Tapem Pemko Siantar, Junaedi Sitanggang, di Sekretariat Daerah Pemko Siantar, Rabu (1/8/2018), bahwa tidak ada Pelaksana Tugas (Plt ) atau Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota dihunjuk oleh pemerintah atasan, selama Hefriansyah menjalankan rukun islam ke lima. 

Hanya saja, sesuai undang-undang, katanya, Wakil Wali Kota yang menjalankan tugas-tugas Wali Kota tersebut. "Tidak ada Plt Wali Kota yang mejalankan tugas - tugas Wali Kota,"ucap Junaidi Sitanggang.

Hal itu ditandai dengan penyerahan tugas yang dilakukan Wali Kota sebelum berangkat menjalankan ibadah haji, kepada Wakil Wali Kota Siantar.

Sedangkan mengenai perjalanan menuju Mekkah yang berada di luar negeri, Junaidi memastikan, Wali Kota mendapat izin dari Mendagri. 

Hanya saja, izin itu tidak ditembuskan ke DPRD Siantar. Izin ditembuskan ke Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dan kepada Wali Kota Siantar, Hefriansyah. "Izin ditembuskan ke Gubernur dan ke Wali Kota sendiri," ungkap Junaidi.

Penulis: tom. Editor: gun.