HETANEWS

Sekwan: Hasil Hak Angket akan Dibuka saat Paripurna

Plt Sekwan Siantar, Wanden Siboro. (foto/hugs)

Siantar,hetanews.com- Hasil panitia hak angket DPRD atas dugaan penistaan etnis Simalungun oleh Wali Kota Siantar, Hefriansyah akan dibuka pada sidang paripurna DPRD Siantar.

"Secara tatib itu akan dibacakan pada paripurna nanti. Bukan dirahasiakan. Tapi diparipurna lah nanti akan dibuka hasilnya," jelas Plt Sekretaris Dewan (sekwan), Wanden Siboro.

Baca: Hasil Kesimpulan Hak Angket Belum Bisa Diparipurnakan, Ini Alasan Timbul Lingga

Menurut Siboro, pihaknya belum mengetahui hasil rekomendasi dari panitia hak angket. 

"Kami  (sekretariat) saja tidak tau apa hasilnya. Karena hasil angket itu diserahkan langsung sama pimpinan DPRD," ujarnya, Selasa (31/7/2018).

Sesuai dengan tatib, kata Wanden, hasil panita hak angket atas penyelidikan etnis Simalungun akan disampaikan langsung pada sidang paripurna. 

Siboro menjelaskan, sidang paripurna akan digelar setelah rapat antara pimpinan dewan, kemudian diselenggarakan rapat badan musyawarah (banmus) DPRD untuk menentukan jadwal sidang paripurna.

"Di sidang paripurna akan dibacakan hasil angket itu. Di paripurna semua bisa tau apa hasilnya. Anggota dewan juga dikasih hasilnya, satu satu," ungkapnya.

Baca: Surat PGSMH Sudah Masuk, DPRD Siantar Pilih Kunker Ketimbang Paripurna?

Hanya saja, jadwal rapat paripurna belum ditentukan karena anggota DPRD Siantar sedang melakukan kunjungan kerja ke Kota Tangerang dan Bandung selama 4 hari.

Selain itu, kebijakan umum anggaran dan prioritas platform anggaran sementara atau KUA-PPAS 2018 belum diselenggarakan oleh DPRD Siantar. Menurut Plt Sekwan, KUA-PPAS harus diselenggarakan selambat - lambatnya pada awal Agustus 2018 mendatang.

Penulis: gee. Editor: gun.