HETANEWS

Kelurahan Nagapitta "Minta" Uang Pake Kardus Kosong Ke Penerima Bansos Rastra

Sebuah kardus kosong yang dijadikan tempat uang dari sukarela warga penerima Bansos Rastra di Kelurahan Nagapitta Kecamatan Siantar Barat.(Foto/Huget)

Siantar Hetanews.com - Kadis Sosial Kota Siantar Pariaman Silaen menegaskan, Bantuan Sosial Beras Sejahtera atau Bansos Rastra dari pemerintah pusat tidak ada pungutan biaya sepepersen pun. 

Hal itu ditegaskan kepada pemerintah kelurahan sebagai penyalur, agar tidak membebani warga yang tidak mampu dalam penyauran beras senilai 10 Kg ini.

"Apapun itu, tidak ada pungutan untuk Bansos rastra. Itu bantuan sosial dari pemerintah langsung untuk masyarakat yang tidak mampu," tegas Pariaman Silaen.

Sementara itu, penyaluran Bansos Rastra di Kelurahan Nagapitta, Kecamatan Siantar Martoba tampaknya tidak mengindahkan pernyataan Kadis Sosial tersebut. 

Baca: Lurah Nagapitta Buat Aturan, Warga Gak Dikasih Bansos Rastra Harus Bayar PBB Dulu

Malah sebaliknya, Pihak kelurahan diduga sengaja melakukan pungutan kepada warga penerima Rastra. Seperti yang terjadi di kantor Lurah Nagapitta, Senin (31/7) Siang sekira pukul 12.00 WIB. 

Pantauan di lokasi, setiap warga penerima beras diarahkan untuk membayar uang seadanya ke dalam kardus kosong yang diletakkan di sampingan tumpukan beras. 

Tumpukan beras itu berada di ruangan belakang Kantor Lurah Nagapitta yang diawasi oleh seorang oknum ASN. Seraya penerima mengambil jatah Rastra, mereka menjatuhkan uang seadanya ke dalam kardus yang diarahkan oleh oknum ASN itu.

Sebuah kardus kosong yang dijadikan tempat uang dari sukarela warga penerima Bansos Rastra.(Foto/Huget)

Meski demikian, ada juga penerima Bansos yang sama sekali tidak memberikan apapun. Salah seorang warga yang ditemui dilokasi mengungkapkan, pemberian uang itu merupakan sukarela.

"Ada yang ngasih ada yang enggak. Gak di patok sih berapa. Tapi di kardus itulah dibuat uangnya," ungkap salah seorang Ibu yang mengenakan baju garis garis ini.

Amatan dilokasi, terlihat dalam kotak kosong itu ada tumpukan uang kertas. Namun jumlahnya tidak diketahui percis. 

Penerima Bansos Rastra di Kelurahan Nagapita tercatat sebanyak 915 orang. Sehari sebelumnya, warga penerima bansos protes kepada Lurah Nagapitta, Wanda H Ritonga, yang tidak memberikan jatah Rastra kepada warga yang tidak membayar Pajak.

Penulis: gee. Editor: tom.