HETANEWS

TP4D Simalungun Tinjau Persoalan Proyek Jalan Penghubung di Raya

Tim TP4D Kejari Simalungun, bersama ahli serta pihak dinas terkait saat tinjau persoalan yang terjadi ke lokasi di Kecamatan Raya. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com- Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Simalungun, meninjau proyek pembukaan dan peningkatan jalan penghubung Dusun Rumah Bayu, Kelurahan Merek Raya menuju Kelurahan Sondi Raya, di Kecamatan Raya, Sabtu (28/7/2018), lalu.

Kedatangan pihak TP4D didampingi pejabat pembuat komitmen (PPK) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Simalungun, Jamahaen Purba dan PPTK, Nikson Sihombing juga Lurah Pematang Raya, Pasma Damanik, serta Lurah Sondi Raya, Sahat Saragih.

Saat turun ke lapangan, Ketua TP4D yang juga Kepala Seksi Bidang Intelijen, Robinson Sihombing kepada wartawan, mengatakan, kehadiran mereka ke lokasi ini untuk melihat sejauh mana kegiatan yang dilaksanakan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan apa kendala yang dihadapi di lapangan.

"Tadi kita dapat informasi adanya warga keberatan karena proses ganti rugi lahannya belum terealisasi. Untuk itu diharapkan kepada pihak terkait untuk segera memediasi dengan yang bersangkutan agar program kerja pembukaan dan peningkatan jalan penghubung ini diselesaikan dengan tepat waktu,"ujarnya.

Menurutnya lagi, bahwa sebelum pelaksanaan proyek tersebut, pihaknya bersama dinas PUPR sudah ada melakukan rekayasa lapangan. Yakni pada bulan 8 tahun lalu. Dan persoalan tersebut bukan pertama sekali, melainkan sudah untuk kedua kalinya. Serta menambahkan, pihaknya akan merekomendasikan ke dinas sebagai temuan.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Dinas Pekerjaan Umum, Jamahaen Purba mengatakan, bahwa proyek pembukaan jalan sudah berlangsung sepanjang lebih kurang 700 meter. Namun ketika pihak pemborong melakukan kegiatan, ada warga yang tanahnya terkena dampak pembukaan jalan keberatan sehingga untuk sementara pengerjaan dihentikan sementara menunggu proses lebih lanjut.

Sambungnya, proyek pembukaan dan peningkatan jalan penghubung Dusun Rumah Bayu, Kelurahan Merek Raya, menuju Kelurahan Sondi Raya sepanjang 4.140 meter. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Pekerjaan Umum mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8.743.880.169.

Penulis: zai. Editor: gun.