HETANEWS.COM

Cegah Transaksional, Pengangkatan 65 Calon Pegawai PDPHJ Dibatalkan

Sekretaris Badan Pengawas, Imran Simanjuntak (kiri) dan Plt Direktur Utama PDPHJ, Didi Cemerlang (kanan). (foto/hugs)

Siantar, hetanews.com - Pengangkatan 65 orang calon pegawai ke pegawai tetap di Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) dibatalkan oleh Plt Direktur Utama (Dirut), Didi Cemerlang. 

Surat Keputusan (SK) pengangkatan yang sempat diterima oleh para pegawai digugurkan bersamaan dengan dikeluarkannya surat pembatalan SK tersebut.

Keputusan ini diambil berdasarkan saran yang diberikan oleh Badan Pengawas PDPHJ serta hasil evaluasi yang dilakukan oleh direksi, terkait mekanisme pengangkatan pegawai yang tidak sesuai dengan prosedur dan tanpa melalalui analisa keuangan. 

Meski demikian, ke 65 calon pegawai itu masih bekerja seperti statusnya semula. Sementara untuk surat pembatalan SK mereka, kata Didi Cemerlang, akan diserahkan hari ini. 

"SK pembatalannya sudah saya teken (tanda tangani). Keputusan pembatalan ini mulai disampaikan hari ini kepada mereka," ujarnya, Kamis (26/7/2018).

Menurut Didi, PDPHJ tidak menafikan pengangkatan pegawai. Namun perlu dilakukan tahapan sesuai dengan prosedur yang benar, transparan dan melalui analisa keuangan yang tepat. 

"Pengangkatan pegawi itu sangat perlu. Untuk kebaikan para pegawai. Hanya saja itu harus diselenggarakan sesuai dengan tahapan yang benar dan transparan," jelas Didi Cemerlang.

Mengenai pembatan pengangkatan pegawai, Badan Pengawas PD PHJ telah mengetahui pembatalan tersebut. Badan Pengawas mendukung upaya yang dilakukan Didi Cemerlang.

Hal demikian disampaikan Sekretaris Badan Pengawas, Imran Simanjuntak. Menurut Imran, Badan Pengawas telah mempertimbangkan hal itu jauh sebelumnya. 

"Desas desus soal pengangkatan pegawai itu, jauh hari Badan Pengawas sudah mengetahuinya. Oleh karena itu kita surati Direksi supaya tidak dilakukan pengangkatan," kata Imran.

Badan pmPengawas berharap, direksi PD PHJ dapat menecegah terjadinya hal hal yang transaksional untuk pengangkatan pegawaian.

Kedepan, pengangkatan pegawai di perusahaan daerah Kota Siantar harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang terstruktur dan berjenjang serta transparan.

"Pengangkatan pegawai di perusahaan daerah ini bukan barang haram. Tapi Itu potensi untuk mengembangkan perusaahaan," ujar Imran mengakhiri.

Penulis: huget. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan