Fri 16 Nov 2018
ADVERTORIAL

PT Toba Pulp Lestari Hadiahkan Tiga Pondok Baca di 3 SDN

Salah satu Pondok Baca yang didirikan PT TPL. (foto/aldy)

Tobasa, hetanews.com - Siswa siswi SDN Desa Pangombusan dan Siruar, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) saat jam istirahat memenuhi Pondok Baca di halaman sekolahnya.

Para siswa antusias mendatangi Pondok Baca. Ada yang membawa buku, bahkan langsung menyerbu buku yang sudah tersedia di Pondok Baca.

Mereka antusias berebut duduk di Pondok Baca, bersenda gurau satu sama lain, berbagi buku yang sedang dibaca dan menikmati semilir angin ditengah teriknya mentari.

Pondok Baca berukuran kurang lebih 4,5 meter x 5 meter dengan bentuk segi enam ini menjadi tempat favorit bagi mereka.

Karena di ruang lingkup sekolah biasanya hanya tersedia perpustakaan yang terkadang dipakai juga sebagai tambahan ruangan guna memenuhi proses belajar mengajar.

Perpustakaan tersebut tidak mampu menampung seluruh siswa untuk membaca, namun dengan adanya Pondok Baca maka siswa-siswi tetap bisa membaca buku pada jam istirahat.  

PT Toba Pulp Lestari Tbk (PT TPL) melalui program community development (CD) membangun Pondok Baca atau disebut Sopo Baca Lestari  ini dibangun di tiga sekolah yaitu, SDN 173641 Siruar, SDN 175811 Pangombusan, SDN 173643 Pangombusan sebagai kado Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli. L

SDN 173641 Siruar sudah berdiri 62 tahun yang lalu dan sekarang tercatat memiliki total 80 orang siswa yang terbagi dalam 6 kelas.

“Saat ini, siswa dan siswi lebih senang kumpul di Pondok Baca daripada di kelas atau perpustakaan saat jam istirahat,” ujar Jenni Jurangga, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 173641 Siruar.

“Sekolah kami menerima pembangunan ketiga kalinya dari  TPL,” ujar Jenni sambil tersenyum penuh harapan, kemudian disusul dengan ucapan.

“Terima kasih atas kepedulian perusahaan dengan dunia pendidikan anak-anak di desa ini, pintu sekolah akan selalu terbuka menerima kedatangan ibu dan bapak Manajemen.

Tak jua kalah ramai dari Pondok Baca SDN 173641 Siruar, SDN 175811 Pangombusan yang tercatat memiliki siswa 230 orang.

Para siswa berlomba memadati Pondok Baca di sekolahnya, gelak tawa pecah saat mereka berkumpul dan berebut buku dongeng yang telah tersedia di atas meja.

“Harap dibuka alas kakinya, kita harus menjaga kebersihan dan menjaga baik Pondok Baca yang telah diberikan PT TPL kepada sekolah ini sebagai bentuk rasa terima kasih kita,” ujar Rusmina Sitorus, Kepsek SDN 175811.

Tepat 28 tahun  SDN 173643 Pangombusan berdiri, dan sampai hari ini tercatat sekolah tersebut memiliki siswa berjumlah 270 anak.

Hamparan sawah warga yang membentang di belakang sekolah memiliki view unik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung ke sekolah itu.

Pada halaman belakang sekolah dibangun satu pondok baca yang berseberangan dengan sawah tersebut, membuat suasana membaca lebih nyaman dan bersahabat.

“Terima kasih TPL sudah bangun pondok baca untuk sekolah kami,” ujar siswa-siswi SDN 173643 secara bersamaan.

“Terima kasih TPL, sekolah kami sudah ketiga kalinya menerima bantuan dari TPL sejak saya menjabat sebagai Kepsek,” ujar Erika Purba.

Penulis: aldy. Editor: abn.