Humbahas, hetanews.com - Untuk mendukung destinasi pariwisata, termasuk mempermulus rencana pembangunan Taman Bunga Nasional di perbukitan Danau Toba Pollung, Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) kini tengah melakukan pembukaan jalan Batu Mardinding penghubung Kecamatan Pollung menuju Kecamatan Baktiraja.

Jalan yang dibuka nantinya ada sepanjang 3 km dengan lebar 7-8 meter. Dan pada akhir tahun ini, direncanakan sudah diaspal atau setidaknya dilakukan jalan pengerasan.

Jumat (20/7/2018) kemarin, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampingi Kabag Protokoler Lampos Purba dan Kepala Seksi Peralatan, Pengujian dan Laboratorium Dinas PUPRA, Gibson Panjaitan berkunjung ke lokasi pengerjaan jalan tersebut.

Di sela-sela kesibukannya terjun ke lokasi, Dosmar kepada hetanews.com mengatakan, kalau proyek pengerjaan pembukaan jalan itu sudah sangat lama didamba-dambakan warga.

Karena selain untuk mendukung destinasi pariwisata, kata Dosmar, jalan ini juga merupakan salah satu akses vital masyarakat dalam mendukung sektor pertanian.

Pembukaan Jalan Batu Mardinding tengah dikerjakan. (foto/rachmat)

Sebelumnya diketahui kalau jalan setapak sudah ada. Meski sempit dan dengan medan yang berbahaya, masyarakat sudah sering melewati jalur setapak tersebut.

"Jadi ini adalah keinginan dan permohonan dari warga. Ini sudah lama sekali dimohonkan. Sehingga muncullah semangat saya untuk segera membuka jalan itu. Bersama Dinas PUPRA kita langsung kerja sama membuatkan peta sebelum dikerjakan karena mengingat medannya yang amat berbahaya karena curam", terang Dosmar.

Gypson Panjaitan menambahkan, proses pengerjaan sudah hampir 1 minggu. Alat berat excavator yang digunakan merupakan milik Pemkab Humbahas.

Dalam hal ini, kata Gypson, proyek ini bersifat OP (Operasional Peralatan) Pemkab. Di mana tanggungan pemerintah dalam pengerjaannya hanyalah bahan bakar minyak (BBM).

"Jadi kita tak ada melibatkan rekanan (kontraktor) dalam proses pengerjaannya", tukas Gypson.