HETANEWS

Proyek Pelebaran Jalan Jurusan Tanah Jawa-Huta Bayu Raja "Asal Jadi"

Tampak setelah excavator melakukan galian yang setelahnya diikuti pekerja memegang stampler melakukan pemadatan. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com- Pekerjaan tanah pada proyek pelebaran jalan jurusan Tanah Jawa - Huta Bayu Raja di Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, diduga asal jadi.

Pasalnya, pekerjaan meliputi galian yang lajimnya setelah tanah digali sesuai dengan gambar kerja, tidak dilakukan bouplank.

Selain tidak melakukan bouplank, galian tanah menggunakan exacavator tersebut, hasil galiannya tidak dibuang atau dijauhkan ke tempat lain.

Dengan alat angkat berupa dump truk. Melainkan memanfaatkannya sebagai bahan baku penimbunan material bahu jalan.

Pantauan hetanews.com, kemarin, setelah tanah digali menggunakan excavator, selanjutnya lapis bawah galian dipadatkan menggunakan stampler lalu ditimbun base.

Baca Juga: PT Tulung Agung Pasang Pondasi Dinding Parit dalam Lumpur Tergenang Air

Tampak permukaan tanah bekas galian yang sudah dipadatkan tidak maksimal. Hingga meninbulkan retak dan dalam pemadatan, tidak ada penyiraman.

Sayang terkait dugaan ini, oknum Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan tersebut, Mohammad Afrizal, Rabu (18/7/2018), belum berhasil dikonfirmasi.

Sementara upaya konfirmasi yang dilayangkan melalui nomor Hp miliknya yang dihimpun dari oknum PPK kegiatan lainnya di Dinas PUPR, Hotbinson Damanik.

Penulis: zai. Editor: gun.