HETANEWS

Komplotan Curanmor Dilumpuhkan, Kapolres Binjai: Pelaku Sering Nyuri di Masjid

Kapolres Binjai bersama Kasat Reskrim dan Kanit Pidum memaparkan tersangka. (foto/jufri)

Binjai, hetanews.com - Unit Pidum Polres Binjai, berhasil mengungkap aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah Polres Binjai.

Pelaku curanmor, Bagus Pratama dan Dicky Pradana, keduanya warga Jalan MT Haryono, Kelurahan Damai, Binjai Utara, diringkus polisi dari Kabupaten Kampar, Riau, pada Minggu (15/7/2018) malam.

Selain kedua pemuda tersebut, polisi juga menangkap M Perdi alias Dedi alias Ompong (31) warga Jalan Gumba, Kelurahan Cengkeh Turi, Binjai Utara.

Kapolres Binjai, AKBP Donald P Simanjuntak didampingi Kasat Reskrim, AKP Hendro Sutarno mengatakan, komplotan ini sudah beraksi belasan kali.

"Mereka sering mencuri kereta yang parkir di Masjid," kata Kapolres, Selasa (17/7) siang.

Dari hasil pemeriksaan polisi, usai mencuri kereta, kedua pelaku langsung menemui Ompong, yang juga seorang mekanik, untuk dijual.

"Pelaku (Ompong) adalah perantara yang mencarikan pembeli kereta (sepeda motor) curian ini," ujar perwira melati 2 tersebut.

Pengungkapan kasus curanmor tersebut, berawal dari laporan Mas Eka Darma, pada Juni 2018 lalu. 

Eka Darma melaporkan, saat itu ia sedang Sholat Isya berjamaah, di Masjid Nurul Huda, Jalan Gunung Bendahara, Binjai Selatan.

"Berawal dari laporan korban, Sat Reskrim terus melakukan penyelidikan hingga berhasil kita ungkap," ujar Kapolres dan menambahkan, pelaku menjual kereta curian tersebut seharga Rp 2 juta.

Polisi jelas Kapolres, terpaksa menembak kaki kedua pelaku, karena berusaha melarikan diri, saat melakukan pengembangan kasus yang dipimpin Kanit Pidum, Ipda Hotdiatur Purba dan anggotanya.

Adapun, sepeda motor yang diamankan, jelas Hendro yakni, Honda Supra nomor polisi (nopol) BK 2789 RAH, Honda Supra nopol BK 6247 ADQ, Honda Verza dan Kawasaki Ninja tanpa plat.

Sementara, dari hasil interogasi polisi, para pelaku melakukan pencurian 2 unit Honda Supra 125 dan Honda Beat dari daerah Tanjung Jati.

Mereka juga beraksi dan mencuri 2 Honda Beat dan Kawasaki KLX dari daerah Kelurahan Jati Negara, Yamaha Mio dari Pasar 5 Tandam dan Honda Supra 125 dari Pasar 5 Kampung Damai.

Selain itu, komplotan ini juga mencuri kereta Honda Revo dari daerah KM 18 Binjai Timur, Honda Verza dari Sambirejo, Honda Supra 125 dari Tanah Seribu, Honda Supra 125 dari Pasar 4 Jawa dan Honda Beat dari Simpang 3 Jalan Jawa.

Penulis: jufri. Editor: gun.