Wed 14 Nov 2018
ADVERTORIAL

TPL Serahkan Bantuan Alkes ke 11 Poskesdes di Parmaksian

Penyerahan bantuan alkes dari PT TPL. (foto/aldy)

Tobasa, hetanews.com - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan akses kesehatan masyarakat, PT Toba Pulp Lestari Tbk (PT TPL) menyerahkan bantuan alat-alat kesehatan (alkes) kepada 11 Pos Kesehatan Desa (Poskesdes)) di Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Senin (16/7/2018), di aula Kecamatan setempat.

Serah terima bantuan alkes ke 11 Poskesdes ini diberikan oleh Koordinator Community Development (CD) PT TPL, Meriah Tinambunan, Manager Hubungan Masyarakat (Humas) PT TPL, Jerry Tobing, disaksikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tobasa, Juliwan Hutapea, Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar, dan Kepala Puskesmas Parmaksian, Tety Simanjuntak.

Juliwan Hutapea mengapresiasi niat baik dan kepedulian perusahaan terhadap peningkatan pelayanan kesehatan publik di Tobasa.

“Kami berterimakasih dengan PT TPL untuk peduli dengan pelayanan kesehatan di Kecamatan Parmaksian. Alkes untuk bidan desa ini sangat dibutuhkan mereka. Pesan saya kepada para bidan desa yang bertanggungjawab atas alkes ini agar dipergunakan sebaik-baiknya dan dirawat, serta selalu melayani masyarakat dengan setulus hati,” ujar Juliwan.

Hal senada juga diungkapkan Paiman Butarbutar. Dirinya berharap, semoga pelayanan kesehatan oleh bidan desa menjadi lebih baik dan optimal.

Alkes yang diserahkan antara lain, bidan kit, implant kit, timbangan dan alat pengukur tinggi badan serta alat-alat pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat.

Suryani Manurung, bidan desa dari Desa Tangga Batu I, mengapresiasi bantuan dari PT TPL. Menurutnya, bantuan alkes ini berguna untuk melayani masyarakat atau pasien lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan dengan adanya alkes ini, masyarakat kini lebih mudah memeriksakan kesehatannya, khususnya anak-anak, lansia, dan ibu-ibu,” ujar Suryani. 

Dia menambahkan, bahwa sebelumnya alkes di Poskesde sangat minim. Bahkan beberapa alkes tidak berfungsi maksimal.

"Dengan adanya alkes ini, kami semakin mudah untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujar Suryani.

Manajer CD PT TPL, Ramida Siringo-ringo, mengatakan,'bantuan alkes ini merupakan masukan dan saran dari masing-masing desa karena pelayanan kesehatan di masing-masing desa kurang memadai.

“Bantuan alkes ini merupakan masukan dari masyarakat pada saat partisipasi kami di rembuk desa. Pelayanan kesehatan sangat vital di desa-desa, sehingga masyarakat bisa menjadi semakin produktif dan roda perekonomian masyarakat terus bergerak,” ujar Ramida.

Program pemberian bantuan alat kesehatan ini sejalan dengan goal SDGs nomor 3, Kesehatan dan Kesejahteraan yang baik.

Sebelumnya, PT TPL juga mengadakan pengecekan kesehatan gratis terhadap 1.234 siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) dan 2.000 orang dewasa di Kecamatan Parmaksian pada bulan lalu.

Selain itu, PT TPL juga menggelar pengecekan kesehatan gratis terhadap 1.047 siswa SD di Kecamatan Porsea.

Penulis: aldy. Editor: abn.