HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Disinggung Berapa Jumlah Temuan BPK, Johalim Purba Minta Wartawan Ikuti Rapat Panja

Simalungun, hetanews.com-Ketika disinggung berapa jumlah besaran temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Pemkab Simalungun Tahun Anggaran (TA) 2017, Ketua DPRD, Johalim Purba malah minta wartawan untuk mengikuti rapat panitia kerja (panja).

"Diikuti rapat, jadi rapat ini akan dibuka kan. Ini semua informasi komsumsi publiknya semua ini," ujarnya usai menskors rapat panja pembahasan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK, Senin (16/7/2018).

"Mungkin karena tebal-tebal, uangnya dari mana? Segini-segini, ada tiga. Jadi satu itu bisa sampai beberapa puluh ribu. Itunya itu," elaknya, terkait tudingan ada upaya DPRD Simalungun untuk tidak mempublikasikan LHP BPK kepada publik.

"Artinya begini, LHP'contohlah Dinas PU. Ada saran BPK dan temuannya. Terus tentang temuan itu, kan ada anjuran untuk menyelesaikannya 60 hari, nah itu," celetuk Johalim bicara lepas.

Menurutnya, bukan LHP BPK itu yang dikumpulkan. Justru dikumpulkan itu apa yang telah dilaporkan oleh eksekutif terhadap temuan hasil pemeriksaan BPK. "Itunya itu. Ini lagi rapat. Ini lagi dibahas. Hari ini dituntaskan," katanya.

Disinggung terkait moralitas anggota panja yang malas melaksanakan pembahasan, Johalim mengatakan, yang penting qorum. "Ini tadi 8 kami (anggota dewan) dari 15 anggota panja," katanya.

“Bersama dengan saya itu tadi sudah 8. Parto itu tadi sudah datang dan tandatangan. Sugiarto itu gak ikut dalam panja. Panja 11 tambah 4, 15 lah. Sugiarto itu gak ikut panja,"'ungkapnya. 

Menurutnya, laporan keuangan Pemkab Simalungun Tahun Anggaran 2017 adalah disclaimer. "Artinya BPK itu tidak memberikan penilaian. Itunya disclaimer kan," ujarnya minta pengertian.

Kenapa tidak memberikan penilaian, Johalim menuturkan, banyak faktor. "Jadi faktor yang kita sikapi sekarang ini, tentu kalau ada salah hitung. Kalau ada memang kesalahan, itu memang benar-benar terjadi. Itu yang dituntaskan," jelasnya.

Johalim mohon pamit untuk meninggalkan wartawan dengan tujuan ke Mako Polres Simalungun dalam rangka dimintai keterangan terkait adanya temuan BPK RI atas laporan keuangan Sekretariat Dewan.

Namun apa yang disampaikan politisi partai Demokrat Simalungun, Johalim Purba itu, dibantah oleh Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat ditemui di pintu utama Mako Polres Simalungun.

Penulis: zai. Editor: gun.