Tanjungbalai, hetanews.com - Tim WFQR I Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai-Asahan (Lanal TBA) telah mengamankan barang diduga narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 5 bungkus dengan perkiraan berat sekitar 5 kg.

Barang haram itu diamankan di dalam Kapal Motor (KM) tanpa nama dan dokumen di Tanjung Berombang Sungai Asahan pada Minggu (15/7/2018) sekira pukul 03.10 WIB 

Penangkapan kapal tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh Pasintel dari masyarakat. Selanjutnya Pasintel berkoordinasi dengan Pasops untuk menindaklajuti informasi tersebut.

Selanjutnya Danlanal memerintahkan Tim WFQR I Lanal TBA untuk melaksanakan patroli guna memastikan kebenaran informasi yang diperoleh.

Tanpa membuang waktu, tim WFQR I Lanal TBA berangkat melaksanakan patroli dengan menggunakan Patkamla SSG II-I-47.

Tim WFQR melaksanakan pemeriksaan terhadap kapal- kapal yang mencurigakan yang melintas di Perairan Bagan Asahan.

Di lokasi, tim WFQR melihat 1 unit kapal yang mencurigakan bergerak masuk menuju Sungai Asahan. Selanjutnya tim WFQR mendekati kapal tersebut guna melaksanakan pemeriksaan. 

Saat didekati, kapal yang mencurigakan itu justru melaju kencang dengan menambah kecepatan dan bergerak ke arah hutan bakau di Tanjung Berombang Sungai Asahan.

Barang bukti sabu yang diamankan.

Sontak saja dalam kegelapan, kapal patroli bergerak cepat mengejar kapal tanpa nama itu. Dan tak lama berselang, terlihat kapal yang dicurigai berhenti dengan kondisi mesin masih hidup. Namun saat diperiksa tidak ada orang di atas kapal.

Dalam kegelapan, petugas sempat melihat sesaat orang berlari masuk ke dalam hutan bakau. Selanjutnya Serma Hisom dan Pasops berusaha mengejar orang diduga anak buah kapal (ABK) yang melarikan diri ke dalam hutan bakau.

Petugas berusaha mencari ke dalam hutan bakau, namun target tidak ditemukan akibat cuaca gelap.

Selanjutnya Pasops dan Serma Hisom kembali ke kapal untuk melakukan penggeledahan.

Kapal tampak terlihat bocor di beberapa titik bagian kapal. Selanjutnya diputuskan untuk digandeng menuju Posmat Bagan Asahan. 

Petugas menggandeng kapal menuju Posmat Bagan Asahan untuk dilaksanakan penggeledahan menyeluruh.

Akhirnya tim WFQR menemukan bungkusan berwarna coklat sebanyak 5 buah di bagian belakang dalam kapal dengan ditutupi kayu. Saat diteliti ternyata berisi narkotika jenis sabu.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Lanal TBA terkait pengungkapan narkotika jaringan internasional itu.