HETANEWS

Pelabuhan Internasional Teluk Nibung Berbiaya Rp 32 Miliar Siap Beroperasi

Pelabuhan Teluk Nibung tampak dari depan. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com - Guna memacu ego sektor pariwisata, Kota Tanjungbalai di bawah kepemimpinan Wali Kota, M Syahrial menjalin kerjasama dengan PT Pelindo merenovasi Pelabuhan Teluk Nibung menjadi setaraf pelabuhan internasional dengan biaya Rp 32 miliar.

Perbaikan terminal penumpang ferry dan penataan lingkungan Pelabuhan Teluk Nibung, awalnya atas pembicaraan antara Wali Kota Tanjungbalai dengan Direksi PT Pelindo I. Saat itu Syahrial mengadakan kunjungan kerja ke Pelabuhan Teluk Nibung.

Dalam kunjungan tersebut, Wali Kota termuda ini melihat perlunya perbaikan dan pembenahan dalam infrastruktur di dalam pelabuhan guna memberikan kenyamanan kepada penumpang yang akan datang dan pergi ke Malaysia.

Pembangunan dimaksud nantinya dapat menjadi ikon Kota Tanjungbalai dan menjadi kebanggaan warga 'Kota Kerang' itu memiliki pelabuhan bertaraf internasional.

Untuk mewujudkan pelabuhan yang megah itu, Syahrial mengadakan pertemuan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam pertemuan itu, Menteri BUMN setuju untuk pembangunan pelabuhan tersebut.

Pembangunan pelabuhan yang mengacu pada standar internasional ini murni bersumber dari dana pihak PT Pelindo, dimulai pada pertengahan tahun 2017 dan rencananya akan beroperasi awal Oktober 2018 .

Tampak Pelabuhan Teluk Nibung dari atas. (foto/ferry)

Diketahui reka bentuk pelabuhan seperti kerang yang merupakan ikon Kota Tanjungbalai.

Sarana yang terdapat di dalamnya meliputi , ruang tunggu peumpang yang cukup luas dan nyaman disertai dengan TV, AC dan CCTV. Selain itu, terdapat juga ruangan foodcourt (makanan), sehingga penumpang tidak merasa jenuh sebelum kapal bertolak.

Pelabuhan baru ini juga menyediakan ruangan kantor instansi vertikal seperti Imigrasi, Karantina Kesehatan, Bea dan Cukai serta Kantor Pelayaran.

Sementara itu Wali Kota Syahrial mengatakan, dengan selesai dan beroperasinya pelabuhan ini diharapkan dapat memacu sektor pariwisata dan menaikkan taraf hidup masyarakat.

Syahrial menuturkan, renovasi Pelabuhan Teluk Nibung telah dimulai sejak awal 2017 lalu. Kini Pelabuhan Teluk Nibung yang menjadi salah satu pelabuhan kebanggaan Kota Tanjungbalai dan Sumatera Utara, karena terlihat lebih modern. Renovasi pelabuhan akan meliputi terminal penumpang, pusat komersial, area anjungan dan cafe. 

“Pada prinsipnya, Pemko Tanjungbalai mendukung dan menyambut baik rencana dari PT Pelindo I tersebut. Sehingga, Pelabuhan Teluk Nibung sebagai salah satu pelabuhan internasional jalur laut dapat memberikan pelayanan yang membuat setiap penumpang yang datang dan pergi dari Pelabuhan Teluk Nibung merasa aman, nyaman dan indah,” ujar  Syahrial, Sabtu (14/7/2018).

Penulis: ferry. Editor: aan.