HETANEWS

Jukir Liar di Taman Bunga Mengaku Dibekingi Oknum TNI

M dan temannya, ditemui di kawasan Taman Bunga, Jumat (13/7/2018). (foto/hugs)

Siantar, hetanews.com- Dua orang pemuda, mengaku disuruh mengutip parkir oleh oknum TNI, di kawasan Taman Bunga, Jalan Merdeka Kota Siantar. Kedua pria tersebut, melakukan pengutipan saat jam larangan parkir.

Pengakuan yang mengejutkan itu, diutarakan oleh M (27), warga Naguhuta, yang ditemui di lokasi parkir Taman Bunga atau sekarang dikenal Lapangan Merdeka, Jumat (13/7/2018). Ia dan seorang temanya, mengaku disuruh mengutip parkir oleh seorang oknum TNI. 

Ia pun mengaku menyetorkan hasil pengutipan parkir sebesar Rp. 80 ribu kepada oknum TNI yang ia maksud. Sementara ia dan temannya melakukan pengutipan mulai pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk kendaraan roda empat dan roda dua, diminta uang sebesar Rp.2000.

"Kami mau jaga parkir disini karena disuruh. Katanya kalau uang parkirnya nanti dibagi. Semalam dapat Rp.90 ribu, dia bilang sinilah Rp.80 ribu. Jadi sama kami  hanya Rp. 10 ribu lah. Cuman hari ini sama semalam ajanya kami jaga,"katanya.

Aksi pengutipan parkir saat jam bebas parkir ini pun terpantau. Di hari yang sama, ia pun dibawa untuk dimintai keterangan ke kantor Dinas Perhubungan. Pengukaannya, setelah meneken surat perjanjian, ia pun disuruh kembali untuk menjaga parkir. 

Parkir sepeda motor di kawasan Taman Bunga. (foto/hugs)

"Tadi aku uda ditanyai di kantor. Difoto-foto, divideokannya aku disitu. Aku pun disuruh neken surat perjanjian. Terus, orang itu nyuruh aku kesini lagi, supaya memancing dia datang. Maksudnya, supaya orang itu tau siapa yang nyuruh kami ngutip disini," tukasnya.

Dijelaskanya, ia mau melakukan pekerjaan itu hanya karena tidak memiliki pekerjaan lagi. Selain itu, dirinya mengaku tidak mengetahui jika di kawasan Taman Bunga, ada larangan tidak diperbolehkan parkir mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. 

Setelah mendapat peringatan, ia pun siap untuk tidak akan melakukan pekerjaan sebagai juru parkir liar. 

"Habis dari kerja bangunan, nganggur. Ini ada ditawari jaga parkir disini. Saya pun mau. Inilah hari terakhir, besok gak lagi. Rencana ku pun mau merantau ke Kalimantan aja. Di Siantar ini gak ada kerjaan,"ungkapnya.

Taman Bunga atau dikenal sekarang dengan nama Lapangan Merdeka menjadi tempat yang diminati walau sekedar bersantai maupun berolah raga. Namun untuk berkunjung ke sana, terkadang disulitkan dengan aturan larangan parkir dari pukul 07.00 WIB- 17.00 WIB.

Tidak sedikit pengunjung melanggar aturan yang sudah diberlakukan itu, dengan parkir sembarangan di seputaran Taman Bunga. Apalagi saat hari libur. Dengan adanya kesempatan itu, juru parkir liar pun kerap meminta uang jasa parkir kendaraan.

Penulis: gee. Editor: gun.