Wed 14 Nov 2018

Tebingtinggi Disebut Kota Segi Tiga Perekonomian di Sumut

Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan foto bersama narasumber usai seminar Tebingtinggi Economic Forum di Gedung Balai Kartini, Jalan Imam Bonjol Kota Tebingtinggi. (foto/fer/nal)

Tebingtinggi, hetanews.com- Kota Tebingtinggi merupakan sebuah kota segi tiga perekenomian di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang potensi pertumbuhanya sangatlah besar, di waktu mendatang dan hal ini perlu untuk ditindak lanjuti secara konkrit.

Hal ini disampaikan Pejabat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang diwakili Asisten Adm Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Provsu, H Ibnu Sri Hutomo saat membuka kegiatan seminar Tebingtinggi Economic Forum, di Gedung Balai Kartini, Jalan Imam Bonjol Kota Tebingtinggi, Kamis (12/7/2018). Seminar ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke 101 tahun Kota Tebingtinggi.

Dikatakan Ibnu Sri Hutomo, keberadaan Kota Tebingtinggi sangat strategis, dimana posisinya berada diantara proyek-proyek bersekala internasional sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi nasional, seperti KEK Sei Mangkei, Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung dan PT Inalum.

Karenanya, menurut Ibnu, seminar ini sangat penting terlebih lagi dengan adanya para narasumber yang bertaraf nasional dan dihadiri tidak saja Wali Kota/Bupati dari Sumatera Utara, tetapi juga dari luar provinsi Sumut. "Untuk itu mari kita manfaatkan seminar ini dengan sebaik-baiknya," pesan Ibnu Sri Hutomo.      

Sebelumnya, Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan, bahwa seminar ini merupakan salah satu sarana untuk menyikapi dan mencari peluang dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menjadikan Kota Tebingtinggi kedepan sebagai kota jasa.

“Kami sengaja mengundang narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya yang dapat mencarikan solusi dan menangkap peluang-peluang tersebut, yang nantinya dapat dijadikan acuan bagi Kota Tebingtinggi," sebut H Umar Zunaidi Hasibuan.

Ditambahkan Wali Kota, Pemko Tebingtinggi sengaja mengundang Bupati Kulon Progo H Hasto Wardoyo, yang merupakan Bupati terbaik  se-Indonesia, karena ingin mendengarkan sukses storynya. "Sebab meskipun beliau seorang dokter spesialis, namun beliau mampu dan sukses memimpin sebuah daerah," ujar Umar.

Tampil sebagai nara sumber di seminar tersebut, antara lain, Bastari Panji Indra selaku Asisten Deputy Perumahan, Pertanahan & Pembiayaan Kemenko Bid Perekeomian, Airin Rachmi Diary yang merupakan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Wali Kota Tangerang Selatan.         

Kemudian Basah Hernowo yang merupakan Direktur Sistem & Prosedur Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas dan lainnya. Sedangkan moderator adalah Prof Dr Sirojuzilam  dari Universitas Sumatera Utara (USU).     

Seminar ini turut juga dihadiri perwakilan BI Sumut, Arif Budi Santoso, Dasman Parlindungan Tamba dari PT Pelindo I, Dirut PT Bank Sumut, Edie Rizliyanto, Manager KEK Sei Mangkei, David Tobing, dan Rommy Fauzi dari Badan Otorita Danau Toba.

Selain seminar, acara juga diisi dengan penandatanganan kerja sama antara PDAM Tirta Bulian dengan PT PP, Pemerintah Kota Tebingtinggi dengan PT Jasnita Telekomindo dan sekaligus luoching 112 dengan Kominfo.

 

Penulis: tim. Editor: gun.