Wed 19 Sep 2018

Pemkab Sergai Ambil Stand pada Ajang Tebingtinggi Expo 2018

Bupati Sergai, H Soekirman didampingi Kepala OPD bersama perwakilan Pj. Gubsu, Hj Hidayati dan Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan meninjau stand Kabupaten Sergai. (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com- Pemkab Sergai berparsitipasi dalam ajang HUT Kota Tebingtinggi, dengan mengambil stand untuk memamerkan prodak unggulan di daerah itu dalam acara pembukaan Karnaval Budaya Cultural Festival dan Tebingtinggi Expo Tahun 2018, Rabu (11/7/2018) malam, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka,  mulai  11 hingga 18 Juli 2018 mendatang.

Bupati Soekirman saat meninjau stand Kabupaten Sergai mengatakan, mengapresiasi dan ucapan selamat kepada Kota Tebingtinggi yang memasuki usia ke-107 pada hari ini.

Apresiasi tinggi atas usaha pelestarian budaya melalui Karnaval Budaya Cultural Festival dan semoga kota dan masyarakat Tebingtinggi semakin sukses dan sejahtera, katanya.

Guna memeriahkan event tersebut, Kabupaten Sergai turut berpartisipasi melalui stand yang menonjolkan potensi budaya pertanian dan UMKM seperti beras organik bersertifikat nasional, ikan asap khas Sergai, serta potensi pariwisata pantai dan arung jeram.

Terlebih dalam waktu dekat, Kota Tebingtinggi akan menjalin kerjasama pengembangan beras organik dengan Kabupaten Sergai sebagai salah satu anggota ALGOA (Asia Local Government for Organic Agriculture) yaitu forum negara-negara di Asia yang memfokuskan pada penemuan dan perkembangan pertanian Organik).  

Selain itu, informasi tentang potensi pariwisata pantai serta arung jeram yang menguji adrenalin dapat diketahui dengan jelas melalui stand Sergai ini, kata Bupati.

Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, mengucapkan selamat datang kepada perwakilan Pj Gubsu Bupati/Wali Kota dari dalam dan luar provinsi serta para undangan.

Acara ini dilaksanakan sesuai visi kota menjadi kota jasa dan perdagangan yang mandiri, sejahtera dan memiliki daya saing serta sumber daya yang berkualitas.

Dengan event ini, juga menjadi ajang untuk melihat produk-produk unggulan kabupaten/kota yang lain sebagai bentuk saling dukung dalam mempromosikan potensi unggulan daerah-daerah lain yang menjadi bagian dalam NKRI dalam rangka mempersiapkan diri kita semua dalam menghadapi pasar bebas internasional, ungkap Umar.

 Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Hidayati mengatakan, keanekaragaman budaya dan tradisi serta kuliner yang ada di Kota Tebingtinggi diapresiasi oleh Pemprovsu dan sangat potensial dijadikan komoditi pariwisata Provinsi Sumut. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi generasi muda untuk melahirkan ide-ide baru dan brilian dalam rangka mencapai target 1 juta wisatawan di Provinsi Sumut tahun ini, ungkap Hidayati.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.