Labuhanbatu, hetanews.com- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Labuhanbatu melakukan pembinaan dan pelatihan kepada warga Desa Sennah, Kecamatan Pangkatan, untuk mengkelola tumbuhan eceng gondok, menjadi kerajinan tangan.

"Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dan besok sudah selesai,"ungkap Sekretaris Disperindag Labuhanbatu, Edi M Harahap saat ditemui di kantor kepala Desa Sennah, Kamis (12/7/2018).

Ide untuk mengelola eceng gondok menjadi kerajinan tangan, kata Edi, lantaran wilayah desa Sennah, banyak ditumbuhi eceng gondok. Sehingga, pihaknya melakukan sosialisasi kepada warga setempat tentang kerajinan tangan berbahan eceng gondok.

"Sebelumnya kita sudah kirim dua orang warga desa Sennah ke luar kota untuk melakuan pelatihan, dan dua orang tersebut lah nantinya memberikan pelatihan kepada warga. Nah, atas dasar itu lah kegiatan ini dibuat dengan melibatkan kami,"katanya.

Untuk mendukung kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut, pihak Disperindag menurunkan sejumlah alat, seperti mesin untuk mempermudah pengolahaan eceng gondok.

Sementara itu, sejumlah warga yang ikut pelatihan mengaku, pembuatan kerajinan tangan eceng gondok tidak begitu sulit jika ditekuni.

"Jika ditekuni, mudah membuatnya. Apalagi bahannya mudah didapat, dan hasil penjualannya bisa membantu menambahi kebutuhan keluarga. Terimakasih banyak, kami ucapkan kepada Disperindag Labuhanbatu,"ucap warga.