Thu 15 Nov 2018

Penerima Bantuan Beras Sejahtera akan Menggunakan Kupon

Siantar, hetanews.com - Warga penerima bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) di Kota Siantar sebentar lagi akan menggunakan voucher/kupon dalam pengambilan beras.

Direncanakan, realisasi penggunaan kupon tersebut akan berlangsung pada bulan September 2018 nanti.

Dipastikan dalam penggunaan voucher ini, keluarga penerima bantuan di Kota Siantar tidak lagi mengeluarkan uang untuk biaya tebus.

Seperti di program bantuan rastra yang dikenakan biaya tebus sebesar Rp 1.600. Sementara bantuan yang akan diberikan nanti ialah beras 10 kg dan telur. 

"Ini gratis. Sebenarnya, digantinya program ini untuk mengurangi korupsi dan kecurangan. Artinya supaya bantuan ini utuh ke keluarga penerima manfaat. Jadi selama ini banyak potongan, banyak gak sampai. Jadi digantilah namanya jadi BPLT (Bantuan Pangan Langsung Tunai). Jadi itulah dasar kita," kata Kepaka Dinas Sosial (Kadisos) Pariaman Silaen, Rabu (11/7/2018).

Pariaman yang ditemui di ruang kerjanya menambahkan, untuk saat ini pihaknya masih menyiapkan program tersebut. Mulai pemuktahirann data dan penyiapan voucher tersebut. Untuk penerima bantuan, kata Pariaman adalah data yang sesuai dengan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Sesuai dengan data BPS 2011 dan yang terakhir 2015 sudah digabung semuanya. Kalau ada perubahan untuk penerima manfaat akan dimasukkan dan akan menerima bantua tahun depan. Artinya, semuanya harus ditampung," ungkapnya seraya memastikan perubahan bantuan tersebut akan direalisasikan pada September dan Oktober 2018.

Jumlah peserta keluarga harapan tahap pertama di Kota Siantar berjumlah 8337 Kepala Keluarga (KK). Dan tahap kedua, masih dalam pemuktahiran data. Tercatat data penerima PKH nanti masih berjumlah 8279. Data tersebut masih dalam proses, belum lagi angka peserta keluarga harapan yang disabilitas dan yang sudah mapan secara ekonomi.

Penulis: gee. Editor: gun.