HETANEWS

Parpol Belum Mendaftarkan Bacalegnya ke KPU, Perindo Siapkan Bacaleg dari Kaum Muda

Pengumuman jadwal dan tahapan pencalonan DPR RI, DPR Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten dalam pemilu tahun 2019, dipajang dihalaman kantor KPU Siantar, jalan Porsea Nomor 3 Siantar. (foto/hug)

Siantar, hetanews.com- Sampai hari ini belum ada satu pun partai politik yang mendaftarkan bakal calon legislatifnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siantar. Pendaftaran calon dibuka 4 Juli 2018 dan akan berakhir 17 Juli 2018. 

"Bacaleg didaftarkan oleh partai politik. Sampai saat ini belum ada partai politik mendaftarkan bacalegnya ke KPU Siantar. Kita tunggu ajalah, tanggal pendaftaran 4 sampai dengan 17 Juli," tulis Komisioner KPU Siantar, Batara Manurung lewat pesan WhatsApp, Senin (9/7/2018).

Salah satu partai politik di Kota Siantar yang diwawancarai Hetanews.com mengenai kesiapan dalam mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) nya adalah Dewan Pimpinan Daerah Partai Persatuan Indonesia atau disingkat DPD Perindo. 

Sekretaris DPD Perindo, Marulam Simarmata yang ditemui di kantor Perindo mengatakan, proses penjaringan bakal calon legislatif oleh partai politik masing-masing membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu ia menilai, hal itu salah satu yang menjadi faktor pendaftaran bacaleg masing-masing partai politik masih belum berlangsung.

"Menurut kami di Bacalegnya sendiri, kan prosesnya kan lama. Misalnya, di Polres itu mengeluarkan SKCK kan lama. Karena mereka teliti, iya kan, misalnya dilihat dari kasus kriminalnya, narkobanya, mereka juga harus lihat, benarkah yang bersangkutan itu tamat tahun sekian. Nah itu kan butuh waktu," jelas Politis Perindo ditemui di kantornya, Sabtu (9/7/2018).

Meskipun demikian, partai politik yang baru berdiri tahun 2015 ini sudah siap 90 persen untuk Bacaleg di tiga dapil di Kota Siantar. Untuk itu, Senin 15 Juli 2018 mendatang, pihaknya akan mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Siantar. 

Ketua Perindo Siantar, Minten Saragih menambahkan, pihaknya tidak terlalu mengalami kendala untuk memenuhi kuota perempuan. Sementara dari 35 orang bacaleg, pihaknya juga melakukan seleksi ketat dan mengeliminasi bakal calon terkait larangan napi koruptor. " Semalam ada juga yang mendaftar kek gitu, langsung dieliminasi karena adanya larangan napi atau mantan koruptor yang ingin mencalon," ungkapnya.

Partai besutan  Hary Tanoesoedibjo ini optimis memenangkan Pileg 2019 di Kota Siantar. Dari data bacaleg yang masuk, 70 persen adalah kader partai dan 30 persen lagi non kader. Rata rata yang mencalon dari Partai Perindo adalah kaum muda yang berusia 30-40 tahun. 

Penulis: gee. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.