Tebingtinggi, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tebingtinggi melaksanakan rapat pleno terbuka, rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) tahun 2018, di Gedung Balai Kartini, Jalan Imam Bonjol, Kota Tebingtinggi, Kamis (5/7/2018).

Rapat pleno terbuka ini dibuka langsung oleh Ketua Komisioner KPUD Kota Tebingtinggi, Abdul Khair, didampingi Divisi Teknis, Wal Ashri, Zulkifli M Hasan, Bukhori dan Ridwan Napitupulu.

Ini dihadiri Panwaslih Kota Tebingtinggi, Marwan, Harirayani dan Huriadi Panggabean, serta perwakilan saksi dari pasangan Edy Rahmayadi,Musa Rajekshah (Eramas), Muheri  dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss), Supra Madya.

Kapolres Tebingtinggi, AKBP Sunadi didampingi Kasat Sabhara, AKP Adjie Makno juga tampak hadir dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Abdul Khair mengatakan, bahwa pelaksanaan Pilgubsu di Kota Tebingtinggi mulai dari tahapan dan pencoblosan serta penghitungan suara tingkat PPS dan PPK tidak ada mengalami kendala dan kegiatan berjalan dengan baik, aman, tertib dan juga kondusif.

Menurut Abdul Khair, pada rekapitulasi tingkat kota ini, saksi pasangan calon (paslon) dan Panwaslih Kota Tebingtinggi diminta melakukan koreksi apabila ada kesalahan. Jika ada hal-hal yang harus diperbaiki, mari diperbaiki secara bersama,sama.

"Kita perintahkan PPS dan PPK yang melakukan perbaikan, dan hasilnya dapat diterima oleh saksi paslon," ujar Abdul Khair.

Sementara itu, Komisioner Panwaslih Kota Tebingtinggi, Harirayani dalam rekapitulasi ini, menanggapi beberapa hal yang harus dilakukan perbaikan, terutama dalam menginput jumlah data laki-laki dan perempuan masih ada kesalahan yang dilakukan di tingkat TPS, namun ini hal yang biasa karena adañya kesalahan human error. 

“Kita hanya meminta perbaikan itu saja, yang lainnya aman dan tidak ada temuan. Hanya ada kesalahan pemasukan data jumlah laki-laki dan perempuan di tingkat PPS untuk Kecamatan Rambutan dan Kecamatan Bajenis," terang Harirayani.

Tampak Wal Ashri, Divisi Teknis, memimpin langsung penghitungan yang disaksikan oleh Muheri, saksi dari Eramas berasal dari Partai PKS dan Djoss diwakili Supra Madya (dari Partai PDI Perjuangan).

Hasil perhitungan yang telah disahkan oleh KPUD Kota Tebingtinggi atas hasil rekapitulasi perolehan suara Pilgubsu 2018, yakni, untuk pasangan Eramas memperoleh sebanyak 49.969 suara, sementara Dajoss 21.171 suara.