Labuhanbatu, hetanews.com - Setelah memperkenalkan sirup nenas buatan mereka, kini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Labuhanbatu kembali memperkenalkan ikan organik.

"Hari ini kita perkenalkan produk buatan kita, yakni, sirup nenas dangan ikan organik," ungkap Sekretaris Disperindag Labuhanbatu, Edi M Harahap saat memberikan sambutan dalam acara halal bil halal, Rabu (4/7/2018), di Kantor Disperindag Labuhanbatu, jalan Gelugur Rantauprapat.

Dalam sambutannya, Edi menceritakan awal ide pembuatan sirup nenas dan ikan organik batangan mereka. Di mana, pada bulan Ramadhan yang lalu,  dirinya bersama adiknya, bernama Susiasi lulusan dari Bandung ingin membuat sirup nenas tersebut. Setelah dilakukan percobaan, akhirnya sirup nenas tersebut dapat diproduksi tanpa bahan pengawet dan mereka konsumsi di kalangan keluarga mereka.

"Setelah berhasil, saya sampaikan kepada pak Kepala Dinas (Kadis) dan alhamdulillah, saat ini sedang kami urus izin dari Dinas Kesehatan (Dinkes) agar bisa dipasarkan,"ujarnya.

Sedangkan pembuatan ikan organik tersebut, lanjut Edi, dirinya bersama tim melakukan penelitian dan berhasil mengawetkan ikan tanpa bahan kimia dengan durasi hingga 2 tahun.

Foto bersama usai memberikan hasil karya Disperindag Labuhanbatu, berupa sirup nenas dan ikan organik kepada Lurah Sirandorung dan Satwar Pemkab Labuhanbatu. (foto/fendi)

"Kalau ikan sale biasanya diasap. Kalau kita hanya menggunakan racikan yang dibuat tanpa bahan kimia dan aman dikonsumsi," terangnya.

Atas temuan produk tersebut, Edi berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar membantu mempromosikan kepada sahabat, keluarga yang berada di luar kota.

"Jika surat izin dari Dinkes sudah keluar dan layak diedarkan, maka saya mohon bantu promosikan karya kita ini agar menjadi ikon kabupaten Labuhanbatu," pintanya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Labuhanbatu, Patindoan Situmorang, mengaku terharu dan bangga atas karya yang dibuat Sekretarisnya.

"Mulai tahun 1990-an, saya dan beberapa teman, sudah melakukan uji coba dan penelitian agar bisa membuat sirup nenas ini, namun baru ini saya lihat berhasil. Semoga dengan karya ini dapat memotivasi kita semua untuk meningkatkan hasil karya yang dapat membawa nama harum Kabupaten Labuhanbatu," ungkapnya.

Selain dihadiri puluhan pegawai Disperindag, acara halal bil halal tersebut juga dihadiri perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Lurah Sirandorung dan Satuan Wartawan (Satwar Pemkab Labuhanbatu).