HETANEWS

Sekdakab Karo: Perlu Dilakukan Bimtek Penulisan Karya Ilmiah pada Guru

Usai membuka bimtek, Sekdakab Karo, Kamperas Terkelin Purba (empat dari kiri) didampingi Asisten I Pemerintahan, Suang Karokaro dan Kadis Pendidikan,Eddy Surianta Surbakti, foto bersama dengan para narasumber. (foto/charles)

Karo, hetanews.com - Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan dan menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.

Karena itu, perlu dilakukan bimbingan teknis (bimtek) penulisan karya ilmiah terhadap tenaga pendidik  yang tujuannya untuk peningkatan kompetensi guru agar lebih optimal melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik. Sehingga tata pelayanan pembelajaran lebih sesuai dengan standar nasional pendidikan dan mewujudkan ‘Karo Strong From Classroom’.

Hal itu dikatakan Sekdakab Karo, Kamperas Terkelin Purba, melalui Kabag Humas dan Protokol Pemkab Karo, Djoko Sujarwanto, sepulang membuka l bimtek penulisan karya ilmiah terhadap guru kepada sejumlah wartawan, Selasa (2/7/2018), di Kabanjahe.

Menurutnya, bimtek ini berfungsi untuk pembinaan dan peningkatan kompetensi dan keterampilan kepada para guru dalam penulisan dan penyusunan karya ilmiah dan buku. Ini merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru pada kompetensi profesionalisme dari pengembangan keprofesian berkelanjutan yang sesuai dengan standard nasional pendidikan.

Diharapkan, melalui bimbingan teknis ini guru memperoleh pengetahuan dan keterampilan penulisan karya ilmiah dan buku yang berguna untuk pengembangan bahan pembelajaran peserta didik serta hasil karya tersebut layak untuk dinilai dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan.

"Mengingat pentingnya bimtek penulisan karya ilmiah dan buku ini, saya mengharapkan kepada seluruh peserta untuk dapat berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, serta memunculkan gagasan-gagasan inovatif dan kreatif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Karo,” ujar Sekda.

Sementara diperoleh keterangan panitia, kegiatan bimtek itu diselenggarakan selama 4 hari, mulai tanggal 2-5 Juli 2018 yang diikuti oleh para guru TK/SD dan Guru SMP se Kabupaten Karo.

Sedangkan narasumber dalam bimtek itu Istiqomah, Ari PujiAstuti, Eko Prasettiyo dan Mohammad Ihsan.

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten Pemerintahan, Suang Karokaro, Kadis Pendidikan, Eddy Surianta dan Kabag Humas Protokol, Djoko Sujarwanto. 

Penulis: charles. Editor: gun.