Siantar, hetanews.com- Hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9 Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat unggul pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Edy Rahmayadi- Musa Rajeckshah (Eramas) dengan perolehan 150 suara.

Sementara itu, paslon nomor 2 Djarot Sihar memperoleh 89 suara. 

Pengawas TPS, Supriadi menuturkan, jumlah daftar pemilih di TPS 9 sebanyak 349 orang. Namun jumlah warga yang ikut memilih hanya 239 orang. Sementara 110 orang lagi tidak memilih. 

"Dari pukul 07.00 WIB sudah dilakukan pemungutan suara. Kemudian sekira pukul 13.00 WIB lewat sedikit dilakukan penghitungan suara," kata Supriadi.

Menurut Supriadi, jumlah 110 warga yang tidak ikut memilih di TPS 9 masuk dalam kategori banyak. 

"Itu sudah banyak. 110 orang yang gak milih. Kalau surat suara yang batal, disini tidak ada," imbuhnya.

Sebelum penghitungan suara dimulai, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah berupaya untuk mengajak warga untuk datang ke TPS. Bahkan mereka menelepon warga supaya datang ke TPS untuk memilih sebelum jadwal penghitungan suara di mulai. 

Menurut Supriadi, ketidak hadiran warga ke TPS dikarenakan banyak yang sedang di luar kota.

"Ini kan masih suasana Lebaran. Jadi masih ada warga yang berada diluar kota. Panitia juga menelepon warga supaya datang ke TPS. Katanya orang itu masih di luar kota," ujar Supriadi.

Sebelumnya, sekira pukul 08.20 WIB Wali Kota Siantar Hefriansyah dan istri Syahputri Hutabarat datang ke TPS 9 ini untuk mencoblos. 

Usai memberikan hak suaranya, Hefriansyah berharap Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) di Kota Siantar berjalan dengan lancar aman dan tertib. Serta partisipasi warga Siantar dalam memilih mencapai 100 persen di Pilkada Serentak 2018.

Hefriansyah juga berterimakasih kepada penyelenggara pemilu yang sejak awal telah mempersiapkan proses pemilihan.