HETANEWS

Pemilik 6 Paket Sabu Divonis 10 Kalender

Terdakwa saat mendengarkan vonis majelis hakim. (foto/BT)

Siantar, hetanews.com - Terbukti sebagai pemilik 6 paket sabu, Azwar alias Juar divonis 10 tahun penjara di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Selasa (26/6/2018).

Selain pidana penjara, bria berusia 36 tahun ini juga di bebankan membayar denda Rp 1 miliar subsidar 6 bulan kurungan penjara.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Azwar alias Juar dengan pidana penjara 10 tahun dan denda Rp 1 miliar subsidar 6 bulan penjara," kata hakim ketua Fitra Dewi.

Dalam sidang agenda vonis itu, hakim ketua Fitra Dewi ditemani dua hakim anggota Simon dan Nuzuli. Hadir sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) Lynce.

Dalam amar putusannya, terdakwa yang tinggal dijalan Bangau,Kelurahan Sipinggol,Kecamatan Siantar Barat ini, menurut hakim terbukti bersalah melanggar Pasal 112 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sebelumnya, Azwar dituntut JPU selama 11 tahun pidana penjara, denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan.

Diketahui, Senin (22/1/2018) sekira pukul 23.00 WIB Jalan MH Sitorus, Kecamatan Siantar tepatnya di belakang Balai Bolon Lapangan Adam Malik terdakwa Azwar membeli 6 paket narkotika jenis sabu kepada Bambang (DPO).

Namun saat itu terdakwa tidak langsung membayarkan uang kepada Bambang. Terdakwa membayarkan setelah berhasil menjual 6  paket narkotika jenis sabu tersebut.

Kemudian keesokan harinya, saat sedang di rumahnya, terdakwa mendengar ada yang menggedor pintu. Lalu terdakwa mengintip dari sela pintu rumah dan melihat ada orang yang tidak dikenal.

Melihat hal tersebut terdakwa langsung mengambil sabu yang ia simpan dan memasukan ke dalam tas warna hijau. Kemudian tas itu diletakkan di atas seng dapur.

Selanjutnya,terdakwa mendengar suara Ketua RT yakni saksi Kamal yang mengetuk pintu rumah. Selanjutnya terdakwa membuka pintu rumahnya dan melihat Kamal bersama personil Satuan Reserse Narkoba Polres Siantar

Saat dilakukan penggeledahan dalam rumah terdakwa langsung menuju dapur. Dari atas seng ruangan dapur tersebut ditemukan 1 buah tas warna hijau.

Selanjutnya tas tersebut diambil, lalu diperlihatkan kepada terdakwa dan Kamal. Di dalam tas tersebut berisi 1 buah amplop merah berisi 1 paket narkotika jenis shabu, 1 bungkus plastik klip, 1 buah plastik klip berisi 5 paket narkotika jenis sabu, 3 buah sendok pipet, 4 buah pipet, 1 buah kompeng karet, 1 buah mancis dan 1 buah timbangan digital.

Sementara dari dalam kantong celana terdakwa ditemukan uang sebesar Rp 100 ribu dan 1 unit handphone (HP) Samsung warna putih.

Kemudian erdakwa beserta seluruh barang bukti tersebut dibawa ke kantor Polres Siantar untuk diproses hukum.

Penulis: bt. Editor: aan.