HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Tak Miliki Anggaran, KPUD Simalungun Minta Tim Paslon Bersihkan APK Masing-masing

Sekretaris Satpol PP, Amson Napitupulu dan Divisi Parmas KPUD Simalungun, Dadang Yuspyanto. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com-Tidak memiliki anggaran, pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Simalungun, meminta tim pasangan calon (paslon) membersihkan APK (Alat Peraga Kampanye) masing-masing yang sebelumnya dipajang oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayahnya.

Desakan pihak KPUD Kabupaten Simalungun itu diutarakan Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPUD, Dadang Yuspryanto, Senin (25/6/2018), usai ikut rapat koordinasi (rakor) yang dilangsungkan Panwaslih Simalungun, di Jalan Patimura, Kota Siantar.

"Untuk pembersihan gak ada anggarannya. Lagi pula kan sudah kita serahkan semua sama tim paslon APK nya. Jadi, seharusnya mereka lah yang harus menurunkan APK itu. Karena sudah kita serahkan semua sama tim paslon," ucap Dadang Yuspryanto.

Menurutnya, kalau paslon tidak melaksanakan juga, maka mereka yang akan membersihkannya bersama jajarannya.

"Besok hari terakhir untuk itu. Kan kita kerjasama. Ada masyarakat. Koordinasi dengan para PPS setempat. Minta tolong mereka, supaya dibersihkan. Siapa tau namanya khilaf gak nampak mereka (tim paslon)," ucap Dadang.

Terkait wacana KPUD Simalungun melibatkan semua stakeholder dalam membersihkan APK masing-masing paslon, pihak Satpol PP Simalungun melalui Sekretaris, Amson Napitupulu menyatakan, pihaknya siap membantu sesuai surat permohonan resmi.

Baca Juga: Panwaslih Simalungun Gelar Rapat Koordinasi Stakeholder Jelang Pilgubsu

"Kita tetap membantu Panwaslih maupun KPUD. Sepanjang ada surat mereka, kita siap membantu.Artinya kita gak pernah membantu menertibkan tanpa surat resmi dari mereka. Nah. Jadi kita tetap berpedoman kepada surat mereka," tegasnya.

Menurutnya, pihak Satpol PP Simalungun sudah ada disurati oleh KPUD guna meminta bantuan dalam hal melakukan penertiban APK. Hanya saja pada hari Sabtu, Minggu kemarin adalah hari libur. Maka terkait hal tersebut belum mereka rapatkan.

"Sudah ada dan disampaikan ke kami. Ketepatan Sabtu dan Minggu adalah hari libur. Sebenarnya hari itu juga kami rapatkan. Tapi suratnya itu tadi pagi sudah disampaikan pihak KPUD. Kami siap untuk membantu," ucap Amson.

Penulis: zai. Editor: gun.