Simalungun, hetanews.com - Kapolres AKBP Marudut Liberty Panjaitan, pimpin apel pergeseran pasukan Polres Simalungun dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin (25/6/2018) bertempat di Lapangan Apel Mapolres setempat.

Apel dalam rangka Ops Mantap Praja Toba ini dihadiri Waka Polres, Kompol Zulkarnain Pane, PJU Polres Simalungun, Kapolsek sejajaran, para perwira Polres, Kanit, Kasi dan Polsek personil yang terlibat pengamanan TPS.

Dalam sambutannya Kapolres Simalungun menuturkan, pergeseran pasukan PAM TPS ini dalam menghadapi pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018.

Para personil Polres Simalungun yang terlibat pengamanan TPS.

Personil Polres Simalungun yang melaksanakan pengamanan sebanyak 598 personil dengan jumlah TPS mencapai 1.685 TPS. Pengamana dilakukan dengan Pola Rawan I sebanyak 66 TPS, Pola Aman 1.616 TPS dan TPS khusus sebanyak 3 TPS yang terdiri dari 32 Kecamatan.

"Saya minta para personil yang terlibat pengamanan TPS tidak melakukan pelanggaran terkait Pilkada  Jangan ada melakukan intervensi terhadap masyarakat yang akan memberikan hak suara," papar Marudut.

Menurutnya, Polri harus bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada. "Antisipasi masalah yang timbul pada saat pemungutan dan penghitungan di TPS, caranya berkoordinasi dengan petugas KPPS dan Panwaslih. Serta selalu waspada terhadap pengamanan kertas suara dan kotak suara," sebut Kapolres.

Apel pergeseran pasukan Polres Simalungun dalam rangka pengamanan TPS.

Personil juga diperintahkan agar meningkatkan kewaspadaan di komando, Aspol dan wilayah masing-masing pada saat menjelang dan pada saat pelaksanaan pemilihan suara.

Selanjutnya Kabag Ops, Kompol Hendrik Situmorang membacakan ploting personil pengamanan TPS dan melakukan pengecekan personil.