Jakarta, hetanews.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah menetapkan 4 orang tersangka atas peristiwa tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Di samping nakhodaPSS, kita tetapkan 3 tersangka, KS sebagai regulator di Pelabuhan Simanindo Samosir, GP Kepala Pos Pelabuhan Simanindo Samosir dan RS Kepala Bidang (Kabid) ASDP Samosir," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/6/2018). 

Mereka, kata Tito, merupakan orang yang dianggap bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal yang mengangkut penumpang dari Pelabuhan Simanindo ke Pelabuhan Tigaras, Simalungun. Di mana hingga kini ratusan penumpang kapal belum ditemukan.

"Mereka dianggap bertanggung jawab melakukan pemeriksaan kelengkapan tapi tidak terlaksana. Itu untuk memberikan pelajaran kepada seluruh wilayah lain kalau ada kecelakaan kita akan kembangkan ke pihak terkait," urai Tito. 

Dalam kasus tenggelamnya kapal, Polri menemukan tindak pidana pelanggaran pasal 360 KUHP dan pasal 302 UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. 

"Di KM Sinar Bangun, kita menemui hal-hal pelanggaran. Life jacket ga ada manifes dokumen dan lain-lain tidak ada," pungkas Tito.

sumber : rmol.com