HETANEWS.COM

Terkait Pelaksanaan Pilgubsu, Ini Isi Maklumat Kapolres Asahan 

Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi keluarkan maklumat tentang menciptakan keamanana dan penegakan hukum dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut di tahun 2018.

Surat bernomor: Mak/01/2018/Res Asahan ditandatangani oleh orang nomor 1 di wilayah hukum Polres Asahan itu.

Dengan tujuan menciptakan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilgubsu tahun 2018 di wilayah hukum Polres Asahan berdasarkan Undang Undang (UU) Kepolisian Negara RI Nomor 2 Tahun 2002, Polres Asahan memandang perlu mengeluarkan maklumat yaitu:

Pemungutan suara hak setiap warga negara untuk memilih pilihannya tanpa adanya pengaruh pihak lain, intimidasi fisik maupun non fisik, bujuk rayu serta janji-janji dari pihak manapun dengan cara melanggar hukum dengan demikian kebebasan warga negara untuk memilih dilindungi oleh peraturan perundang-undangan.

Setiap orang atau kelompok masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Asahan dilarang untuk melakukan kegiatan yang dapat menggangu ketertiban umum merusak fasilitas umum melakukan perbuatan yang mengakibatkan terjadinya gangguan fungsi jalan raya/arus lalu lintas, melakukan provokasi, perbuatan anarkis, menebarkan kebencian, permusuhan dan komfilik berlatar belakang SARA dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Isi surat maklumat Kapolres Asahan. (foto/heru)

Lokasi pemungutan suara (TPS) atau jalan menuju lokasi tempat pemungutan suara  dilarang adanya aktifitas orang atau kelompok masyarakat yang mengatasnamakan perorangan atau organisasi masyarakat tertentu (premanisme) untuk melakukan tindakan berupa ancaman/ntimidasi baik secara fisik maupun non fisik sehingga menimbulkan ketakutan bagi masyarakat yang ingin menggunakan hak pilihnya.

Dilarang setiap orang atau kelompok menggunakan kegiatan money politic (politik uang) dengan cara mempengaruhi masyarakat untuk memberikan hak pilihnya kepada calon tertentu dari atau menyuruh orang lain untuk tidak memberikan hak pilihnya.

Dengan 4 item maklumat tersebut, Kapolres secara tegas juga mengatakan, apabila terjadi pelanggaran hukum dan menganggu ketertiban umum di wilayah hukum Polres Asahan seperti yang dimaksud, maka akan dilakukan tindakan kepolisian secara tegas dan terukur.

"Ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan disampaikan untuk dipahami dan dimengerti oleh semua pihak," ungkap Kapolres yang tertuang dalam surat maklumat itu saat dikutip, Sabtu (23/6/2018).

Penulis: heru. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!