HETANEWS

Diduga Modus Masuknya Narkoba, Polres Batubara Amankan 262 Bal Monza

Kapolres Batubara, AKBP Robinson Simatupang, didampingi Kasat Reskrim, AKP Zulfikar dan Kanit Tipidter, Ipda J Sitinjak, saat memberikan penjelasan kepada wartawan, di halaman belakang Mapolres Batubara, di Lima Puluh, Jumat (22/6/2018). (foto/welas hari)

Batubara, hetanews.com- Sebanyak 262 bal press monza diamankan Polres Batubara, bekerjasama dengan Polsek Labuhan Ruku dari satu unit truk colt diesel dan satu gudang, di Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara.

Kapolres Batubara, AKBP Robinson Simatupang, didampingi Kasat Reskrim, AKP Zulfikar dan Kanit Tipidter, Ipda J Sitinjak, menjelaskan hal tersebut pada konfrensi pers, di halaman belakang  Mapolres Batubara, di Lima Puluh, Jumat (22/6/2018).

Diungkapkan Kapolres, pada Jumat (15/6/2018), lalu,  sekitar  pukul 15.00 WIB, Polres mendapat  informasi  dari masyarakat akan banyak masuk  narkoba dengan modus operandi dimasukkan  dalam  bal press.

Dari  informasi yang diperoleh,  Kapolres  menugaskan semua fungsi melakukan penyidikan. Personil Sat Intelkam dan  Sat Reskrim berangkat ke TKP dan ditemukan 1 unit truk colt diesel Nopol BL 8392 GV sedang  mengangkut bal press berisikan  pakaian dan sepatu bekas sebanyak 45 bal.

Dari pengembangan berdasarkan keterangan supir truk, berinisial J,  bal diangkut dari gudang di Labuhan Ruku. 

Mendapat keterangan dari supir truk, personil bergerak menuju gudang dimaksud.

Setiba di gudang, ternyata terdapat  157 bal press, sehingga total  yang ditemukan berjumlah  262 bal press berisi pakaian dan sepatu bekas.  

Demikian pula saat dilakukan pengembangan ke pelabuhan Tanjungtiram, diamankan satu unit perahu motor yang diduga mengangkut bal press yang ditemukan. Selanjutnya kapal pengangkut diserahkan Polres Batubara ke Dit Polair Sumut. Sedangkan supir dan penjaga gudang diamankan di Mapolres Barubara, bersama satu unit truk colt diesel dan 262 bal press monza.

Mengenai informasi dugaan bal press sebagai modus operandi masuknya narkoba, menurut Kapolres, pihaknya sedang melakukan pemeriksaan bekerjasama dengan BNN yang akan membawa anjing pelacak untuk memastikan isi bal.

Sedangkan mengenai waktu penggeledahan, dikatakan Kapolres, menunggu tiba tim ahli dan anjing pelacak.

Menjawab wartawan Kapolres menjelaskan supir  J mengaku diperintahkan oleh HB dan IS, warga Medang Deras Kabupaten Batubara untuk mengangkat bal. Namun saat tim meluncur ke kediaman HB dan IS, keduanya  telah kabur terlebih dahulu.

Masuknya bal ke Kabupaten Batubara diduga dari luar namun belum dapat dipastikan dari negara mana sebab HB dan IS sebagai pemilik dan tekong kapal pengangkut bal melarikan diri. Namun kuat dugaan bal tersebut masuk ke Tanjungtiram Batubara dari Malaysia.

"Kelanjutan penanganan terhadap 262 bal bisa saja kita musnahkan atau bisa kita serahkan ke Bea Cukai. Sedangkan terhadap tersangka untuk sementara kita kenakan  UU Perdagangan subsider UU Kepabeanan tentang memperdagangkan barang - barang yang dilarang,"pungkas  Kapolres. 

Penulis: tim. Editor: gun.