Medan, hetanews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo hadir langsung melantik Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Eko Subowo.

Ia menggantikan masa akhir jabatan Tengky Erry Nuradi dan memerintahkan langsung untuk menjalankan beberapa tugas kerja olehnya.

Pagi, Jumat (22/6/2018) Mendagri hadir ditemani istri melantik Pj Gubsu, Eko Subowo di Aula Raja Inal Siregar, lantai dua, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan.

Terlihat ia mengenakan peci hitam dengan busana khas jas hitam serta terselip dari merah. Setelah melantik, sambungya, ada beberapa tugas yang harus dijalankan Pj Gubsu dalam beberapa hari kedepan.

"Saya minta Pj Gubsu untuk langsung tinjau lokasi kapal tenggelam di Danau Toba esok harinya," ucap Tjahjo Kumolo di Aula Raja Inal.

Ia meminta Pj Gubsu langsung meninjau lokasi tempat tenggelamnya Kapalotor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba pada esok harinya. Lalu kemudian dilanjutkan dengan bertemu dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara.

"Saya minta Eko Subowo juga menemui KPU dan Bawaslu untuk menanyakan kesiapan jelang pilkada. Serta apa saja yang menjadi permasalahan, seperti logistik dan tenaga kerja mereka," ucapnya.

Kemudian, Tjahjo meminta untuk segera menemui Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) serta Panglima TNI di Provinsi Sumatera Utara. Terakhir dia minta untuk langsung meninjau kinerja Aparatur Sipil Negara(ASN) yang berada di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Mendagri meminta tugas itu dilakukan, dikarenakan tinggal beberapa hari lagi akan menyambut pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sumatera Utara.

sumber: tribun-medan.com