HETANEWS

Manfaat Bawang Putih, Cegah Penyakit Jantung hingga Kanker

Jakarta, hetanews.com - Bawang putih kerap dihindari untuk dikonsumsi oleh banyak orang karena membuat mulut menjadi bau. Selain itu, rasanya juga tidak terlalu enak bila dibandingkan dengan makanan lainnya. Namun, belum tentu yang tidak enak itu tidak sehat.

Sesungguhnya bawang putih atau garlic sudah digunakan sejak abad pertengahan karena memiliki sejumlah khasiat. Orang-orang Eropa abad pertengahan memakainya untuk menyingkirkan plak gigi, sementara di Mesir bahkan dipakai untuk mengawetkan mayat.

Kandungan sulfur berupa Allicin dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, bawang putih kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, sodium, dan zinc. Berikut beberapa manfaat bawang putih, mengutip dari NDTV, Minggu (17/6/2018).

1. Memurnikan darah

Dua siung bawang putih yang dicampur dengan air hangat di pagi hari sangat baik untuk memurnikan darah. Dengan begitu, akar-akar penyebab jerawat bisa dihilangkan dari dalam. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan racun.

2. Demam dan flu

Bawang putih bisa membantu Anda menyembuhkan deman dan flu yang bandel. Anda bisa mengambil 2-3 siung bawang putih mentah, kemudian dimasak seperti teh, untuk dihirup uapnya. Campurkan dengan madu dan jahe agar lebih nyaman. Hidung tersumbat dan flu perlahan akan menghilang dan kekebalan tubuh Anda kembali normal.

3. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi bawang putih setiap hari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol karena kandungan antioksidan dalam Allicin. Selain itu, bawang putih juga sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan serta kadar gula dalam darah.

4. Antibakteri dan antiparasit

Kegunaan bawang putih untuk medis sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu. Bawang putih sudah digunakan sebagai antibiotik untuk melawan bakteri, jamur, dan infeksi parasit selama 7.000 tahun terakhir. Berdasarkan studi, ekstrak bawang putih dapat membantu anak-anak untuk mencegah infeksi cacing pita. Meski bisa membuat mulut bau, bawang putih bermanfaat untuk mencegah bakteri penyebab karang pada gigi.

5. Mencegah kanker

Sejumlah studi sudah mengindikasikan adanya keterkaitan antara konsumsi bawang putih secara harian terhadap pencegahan kanker perut dan kolorektal. Bawang putih diklaim dapat menguatkan imunitas (kekebalan) tubuh terhadap sel-sel kanker.

6. Rambut dan kulit

Bawang putih mampu melindungi kulit dari efek radikal bebas serta memperlambat penipisan kolagen yang mengakibatkan hilangnya elastisitas kulit yang berujung pada penuaan. Kita mungkin sudah tahu manfaat bawang merah bagi rambut. Jangan terkejut apabila bawang putih juga punya khasiat serupa. Mengoles rambut dengan ekstrak bawang putih di kulit kepala atau memijatnya dengan minyak bawang putih dapat mencegah terjadinya kerontokan.

sumber: okezone.com

Editor: aan.