Sun 24 Jun 2018

Kecelakaan Arus Mudik Lebaran Turun 32 Persen Dibanding Tahun Lalu

Kapolri Tito Karnavian. (Foto: Soejono Eben Ezer Saragih/kumparan)

Jakarta, hetanews.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan angka kecelakaan yang terjadi selama arus mudik Lebaran 2018 hingga H-1 berkurang sebesar 32 persen dibandingkan tahun 2017.

"Kita melihat dari segi angka kemacetan relatif berkurang dibanding tahun sebelumnya, angka kecelakaan juga jauh menurun. Jadi semua data indikator mengenai lancar atau tidaknya kendaraan selain titik macet juga adalah kecelakaan. Kecelakaan ini turun sebanyak 32 persen tahun ini dibanding tahun lalu," ujar Tito di Posko Terpadu Cikopo, Jawa Barat, Kamis (14/6/2018).

Dari data yang dihimpun hingga hari ini, Tito menyebutkan, jumlah korban, baik korban luka maupun meninggal dunia juga turun.

"Tahun lalu ada 1.319 kasus kecelakaan sekarang 899. Turun 32 persen, kemudian korban yang meninggal dunia tahun lalu 478 sekarang 193. Turun sebanyak 60 persen dan korban luka ringan turun 22 persen," ucap Tito.

Dalam catatanya, hanya korban luka berat yang mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yakni sekitar 37 persen.

Tito menilai penurunan angka kemacetan dan kecelakaan, menjadi indikator bahwa arus mudik pada Lebaran tahun 2018 ini berlangsung dengan cukup baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Yang jelas, untuk yang fatal meninggal, turun sebanyak 60 persen. Artinya apa, artinya arus mudik tahun ini relatif cukup baik dibanding sebelumnya," pungkasnya.

 

 

 

 

sumber : kumparan.com

Penulis: -. Editor: Aan.