Sun 24 Jun 2018

Jalan Aeknabara-Negerilama Memprihatinkan, Pemudik Diminta Waspada

Selain berlubang, ruas jalan Aeknabara-Negerilama juga bergelombang. (foto/BS)

Labuhanbatu, hetanews.com - Bagi para pemudik khususnya yang datang dari luar kota bila hendak melintasi Jalan Provinsi Aeknabara menuju Negerilama Kabupaten Labuhanbatu diharapkan agar tetap waspada.

Ini karena ruas jalan tersebut saat ini sangat memprihatinkan. Bila tidak hati-hati dapat merugikan diri sendiri.

Pantauan hetanews.com di lapangan, selain bergelombang, di beberapa titik ruas jalan tepat di Desa Perkebunan Sennah, Kecamatan Bilah Hilir masih tampak lubang menganga dengan volume besar dan cukup berbahaya bagi keselamatan pengendara, Kamis (14/6/2018).

Kondisi jalan memperihatinkan terdapat lubang menganga di badan jalan.  (foto/BS)

Meski kewenangan dan tanggung jawab penyelenggara jalan telah diatur pada Pasal 24 ayat (1) UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang mengatakan ‘Penyelenggara Jalan wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas’.

Juga pasal 24 ayat (2) berbunyi, ‘Dalam hal belum dapat dilakukan perbaikan Jalan yang rusak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), penyelenggara jalan wajib memberi tanda atau rambu pada jalan yang rusak untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas’.

Namun aturan tersebut nampaknya belum dapat direalisasikan dengan kondisi jalan Aeknabara menuju Negerilama.

 

Penulis: BS. Editor: Aan.