Thu 15 Nov 2018

Ini Penjelasan Sekda Soal Konsep Baru Malam Takbiran di Siantar 

Sekda Budi Utari Siregar.

Siantar, hetanews.com - Konsep Malam Takbiran Hari Raya (Lebaran) Idul Fitri 1439 H tahun ini di Kota Siantar akan berbeda dengan sebelumnya.

Konsep sebelumnya, peserta pawai takbir berkumpul di Jalan Merdeka, di depan BRI dan Kantor Wali Kota. Sementara sebagian lainnya di Jalan Sudirman dan Jalan Adam Malik. Selanjutnya dilepas oleh Wali Kota dari depan kantornya, untuk berpawai.

Sedangkan untuk Kamis (14/7/2018) malam nanti, peserta pawai takbir berkumpul terlebih dulu di 10 titik kumpul yang sudah ditentukan. Ke 10 titik kumpul itu merupakan keterwakilan warga pada kecamatannya masing-masing.

Ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Siantar, Budi Utari Siregar, Kamis (14/6/2018). Menurutnya, saat ini persiapan takbiran Idul Fitri 1439 H sudah hampir rampung.

Dijelaskan Budi Utari bersama Kabag Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Pemko Siantar, M Hammam Sholeh, dari 10 titik kumpul, peserta pawai membawa mobil pick up.

Di atas mobil pick-up, dilengkapi dengan beduk, pengeras suara dan pemandu takbir. Kemudian, di belakang mobil pick up, peserta pawai takbir berjalan kaki sambil membawa obor, dan mengumandangkan gema takbir.

Sehingga, peserta pawai takbir nantinya, akan berkumpul di Jalan dan Lapangan Adam Malik (depan gedung DPRD), untuk bertakbir bersama. 

Kehadiran peserta pawai, akan disambut Wali Kota dan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), yang sudah lebih dahulu berada di lokasi.

Berikut, ini 10 titik kumpul bagi peserta pawai takbir 1439 H di Kota Siantar, dan rute pawai menuju Jalan Adam Malik.

1. Kecamatan Siantar Martoba. Start dimulai dari Kantor Dinas Pariwisata Jalan Singosari/Simpang Jalan Bali. Lalu bergerak menelusuri Jalan Jawa, Jalan Kartini, Jalan MH Sitorus dan sampai di Jalan Adam Malik.

2. Kecamatan Siantar Utara.
Start dimulai dari Jalan Patuan Anggi, lalu bergerak menelusuri Jalan Ade Irma Suryani Nasution, Jalan Sudirman dan sampai di Jalan Adam Malik.

3. Kecamatan Siantar Selatan.
Start dari Masjid Alfalah Jalan Pane, bergerak menuju Jalan Sibolga, Jalan Diponegoro, Jalan Sutomo, Jalan Sudirman dan tiba di Jalan Adam Malik.

4. Kecamatan Siantar Marihat dan Siantar Marimbun. Start dari Masjid Al Hidayah (Simpang Kantor Camat Siantar Selatan), menuju Jalan Melanthon Siregar, Jalan Sudirman, dan sampai di Jalan Adam Malik.

5. Kecamatan Siantar Sitalasari.
Start dari Jalan Maluku (Simpang Rumah Dinas Wakil Walikota), menuju Jalan Rajamin Purba, Jalan Adam Malik dan tiba dilokasi.

6. Kecamatan Siantar Timur.
Start dari Masjid Jami di Jalan Siatas Barita menuju Jalan Patimura, Jalan Sutomo, Jalan Sudirman, dan sampai di Jalan Adam Malik.

7. Kecamatan Siantar Barat (ada 4 titik kumpul/start).

A. Start dari Masjid Da'wah Jalan Jawa menuju Jalan Kartini, Jalan MH Sitorus, dan tiba di Jalan Adam Malik.

B. Start dari Jalan Bola Kaki, masuk Jalqn Sudirman, dan tiba di Jalan Adam Malik.

C. Start dari Masjid Alkhariyah Jalan Silimakuta, menuju Jalan Raya, dan masuk Jalan Adam Malik, untuk tiba di depan kantor DPRD Siantar.

D. Start dari Masjid Ubudiyah Jalan Teratai, menuju Jalan Melati, Jalan Haji Adam Malik, untuk sampai di depan kantor DPRD Siantar.


 

Penulis: tim. Editor: aan.