Siantar, hetanews.com - Mendekati Lebaran, pusat perbelanjaan tradisional, Pasar Horas tampak mulai ramai dikunjungi para pembeli.

Hal itu terlihat dari jumlah volume kendaraan, di kawasan pasar tersebut, Selasa (12/6/2018).

Kebutuhan bahan pokok untuk menjelang lebaran semakin meningkat. Demikian dengan kebutuhan sekunder yakni pakaian. Meningkatnya jumlah pengunjung tersebut, mulai terpantau pada pukul 11.00 WIB.

Sejumlah pelataran parkir yang disediakan penuh. Tidak itu saja, beberapa lokasi parkir di Jalan Merdeka juga tampak ramai dengan kendaraan roda 4. Sehingga arus lalu lintas di Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo mengalami kemacetan.

Bertambahnya jumlah pengunjung yang datang ke pasar tradisional ini terjadi setiap tahunnya. Demikian disampaikan oHumas Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) Siantar, Dodi Sijabat kepada hetanews.com.

"Setiap tahun, aktifitas pasar menjelang ramadhan meningkat dari biasanya, warga menyerbu Pasar Horas untuk memenuhi kebutuhan Lebaran," katanya.

Menurut Dodi, hari biasanya warga yang mendatangi pasar jumlahnya hanya berkisar 5.000 orang. Tetapi selama 2 hari terakhir ini, jumlahnya membludak menjadi 10.000 orang, dari 4 gedung utama.

"Kami memperkirakan lonjakan warga ke pasar mencapai 10 ribu orang. Ini membuat pasar menjadi sangat padat dari biasanya," katanya.

Dodi menambahkan, sudah menjadi tradisi menjelang Idul Fitri, warga sibuk mempersiapkan segala keperluan. Mereka membeli kebutuhan rumah tangga, baik itu bahan untuk masakan maupun perlengkapan lainnya.

"Warga sibuk menyiapkan keperluan selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Mereka membeli daging, ayam, telur, ikan maupun cabai dan bawang. Banyak juga yang membeli perlengkapan rumah tangga dan baju Lebaran," jelasnya.

Suryani (35), ibu rumah tangga, yang bermukim di Jalan Kasuari, Kecamatan Siantar Barat, mengaku setelah memperoleh uang Tunjangan Hari Raya (THR) dari suaminya, sebagai karyawan perusahaan di Siantar,, dia pun berbelanja untuk kebutuhan Lebaran.

"Biasa lah bang, belanja kebutuhan lebaran. Ketepatan ada uang THR dari suami, untuk kebutuhan anak dan beli oleh-oleh di hari raya nanti," tuturnya.