Wed 19 Sep 2018

Diduga Bagi Uang pada Sejumlah Kades, Djarot Dilaporkan ke Panwaslu Asahan

Komisioner Panwaslu Asahan dan Ketua Panawas Kecamatan Simpang Empat saat diwawancarai hetanews.com. (foto/ferry)

Asahan, hetanews.com - Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat, dilaporkan sejumlah warga Kecamatan Simpang Empat ke kantor Panwaslu Kabupaten Asahan pada Minggu (10/6/2018), lalu.

Ketua Panwas Kecamatan Simpang Empat, Harpen Ramadhan kepada hetanews.com, Senin (11/ 6 /2018), mengatakan, pasca kejadian yang beredar di masyarakat, bahwa Dajrot hadir di dalam rapat Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) pada Selasa (5/ 6/ 2018), lalu, sekira pukul 20.30 WIB dan diduga ada membagi uang kepada sejumlah Kepala Desa (Kades).

Pihaknya langsung mengumpulkan keterangan dan barang bukti dari Petugas Pengawas lapangan (PPL) yang berada dalam kantor Apdesi tersebut 

"Keesokan harinya, pihak Panwas Kecamatan memanggil 9 orang oknum Kades yang ikut dalam pertemuan tersebut," sebut Harpen.

Hasil keterangan para Kades, petugas meminta daftar hadir dan agenda rapat yang saat itu rapat membicarakan regulasi Anggaran Dana Desa (ADD ) dan Dana Desa (DD).

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Asahan, Halimah, membenarkan bahwa mereka menerima laporan dari warga Simpang Empat terkait pertemuan Djarot dengan para Kades yang tergabung dalam Apdesi.

"Dalam laporan tersebut, warga menyertakan sejumlah barang bukti, berupa dokumen dan sebagainya," sebut Halimah tanpa merinci detail dokumen tersebut.

Terkait laporan ini, pihak Panwaslu akan menyelesaikan laporan tersebut selama 5 hari kedepan, untuk memastikan, apakah terbukti masuk dalam pelanggaran pemilu atau tidak. Tenggang waktu ini sesuai dengan Perbawaslu Nomor 14 tahun 2017 tentang Laporan Pelanggaran.

Penulis: ferry. Editor: gun.