HETANEWS.COM

Yayasan USI Resmi Buka Pendaftaran Calon Rektor, Ikuti Penjelasan Berikut

Suasana sidang pengumuman pembukaan pendaftaran Calon Rektor USI periode 2018-2022. (foto/noto)

Siantar, hetanews.com - Yayasan Universitas Simalungun (USI), resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran Calon Rektor periode 2018-2022.

Melalui Staf Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) USI, Marulam Simarmata, menjelaskan kepada hetanews.com, Senin (11/6/2018), terkait beberapa poin yang perlu dicatat bagi para Bakal Calon (Balon) Rektor di universitas yang berdiri sejak tahun 1965 tersebut.

Kata Marulam, pendaftaran dibuka hari ini sampai dengan 14 Juli 2018 mendatang yang dilakukan langsung oleh pendaftar, yang selanjutnya akan diproses oleh panitia. 

Sambungnya, berdasarkan statuta USI, Calon Rektor minimal berjumlah 3 orang. Bila sampai pada tanggal yang ditetapkan belum mencukupi kuota yang ditentukan, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang selama 1 minggu.

“Kalau nanti belum cukup kuotanya, akan kita perpanjang selama seminggu. Dan kembali kita umumkan ke media massa dan website resmi USI,” ujarnya.

Masih kata Marulam, pasca penelitian berkas oleh panitia, setiap Balon Rektor wajib membuat serta mempresentasikan makalah yang berisi rencana strategis dan program kerja bakal calon yang disesuaikan dengan visi misi USI.

Ia menambahkan, proses selanjutnya ialah penetapan Balon Rektor menjadi Calon Rektor melalui rapat senat akademik USI, dan diikuti tes psikotest oleh lembaga independen serta uji kepatutan dan kelayakan.

“Berdasarakan tata tertib itulah proses yang akan dilalui serta dilakukan panitia pemilihan Rektor USI. Di mana setiap Balon wajib menyampaikan rencana program kerja 5 tahun mendatang,” paparnya.

Adapun yang menjadi tahap akhir ialah penetapan Rektor oleh pembina Yayasan USI. Dilanjutkan dengan pelantikan rektor terpilih oleh pengurus Yayasan USI pada 10 Desember 2018 mendatang.

“Berdasarkan penelitian makalah rencana strategis, hasil rapat senat, psikotest serta uji kelayakan dan kepatutan, maka pembina menetapkan 1 orang Rektor terpilih, serta penetapan tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” terang Marulam.

Penulis: pranoto. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan