Tebingtinggi, hetanews.com - Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan melakukan peninjauan pemeriksaan kelayakan bus umum, pemeriksaan kesehatan dan tes urine bagi supir di Terminal Bandar Kajum, Senin (11/6/2018) sekira pukul 10.00 EIB.

Turut mendampingi Wali Kota yakni, Wakapolres, Kompol V Siagian, Kadishub Syafrin Harahap, Kadis Kesehatan, Nanang Aulia, Kepala BNNK, Kompol Rubianto, Kepala Jasaraharja Sumardi dan Kasat Satpol PP, Benny Hutajulu.

Disampaikan Umar Zunaidi, pemeriksan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa bus umum untuk mudik ke kampungnya masing-masing untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

"Meskipun Tebingtinggi merupakan kota lintasan bus-bus dengan berbagai arah tujuan, antar provinsi, kami juga ingin memastikan kenderaan yang ditumpangi para pemudik dalam keadaan aman dan nyaman," sebut Umar.

Menurutnya, untuk itu para petugas gabungan dari Satlantas, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan BNNK terus melakukan pemeriksaan terhadap kenderaan dan para awaknya terutama supir I dan II. Selain pemeriksaan kelengkapan surat-surat kenderaan, kondisi kenderaan dan para awak bus juga harus bebas narkoba.

Wali Kota juga menghimbau penumpang agar senantiasa mengingatkan para awak kenderaan untuk tidak ngebut-ngebut, dan tetap waspada menjaga barang yang dibawa. Jangan takut untuk mengingat supir jika ugal-ugalan dan tidak usah memaksa harus cepat sampai tujuan.

Dari hasil pemeriksaan kenderaan yang masuk Terminal Bandar Kajum sampai dengan pukul 12.00 WIB, 42 unit bus dari berbagai merek dan berbagai tujuan semuanya dalam kondisi layik jalan.

Sementara untuk awaknya (supir) semua kesehatan baik-baik hanya ada sedikit tekanan darahnya.

Selain itu, terdapat 2 orang supir terkontaminasi narkoba. Kedua supir itu yaitu Zulkarnaen, supir Bus ALS, positif sabu dan Rianto Sianturi, supir Bus Sejahtera, positif ganja.

Dalam pemeriksaan kesehatan oleh petugas Dinkes, para supir juga diberikan beberapa vitamin untuk menjaga kebugaran.

Usai melaksanakan peninjauan di Terminal Bandar Kajum, Wali Kota bersama tim langsung meninjau kesiapsiagaan Pos Pengamanan (Pospam) Simpang Beo dan Stasiun Kereta Api Tebingtinggi.

Di Pospam Simpang beo, Wali Kota berpesan kepada petugas gabungan dari Polres, Dinkes, Dishub, Satpol PP dan Koramil agar senantiasa tetap semangat, juga berikan pelayanan kepada yang memerlukan serta kesempatan untuk pengendera yang ingin mudik untuk istirahat.

Di Stasiun KA Tebingtinggi, Umar Zunaidi mendapat penjelasan dari Kepala Stasiun, Samuel, kondisinya masih biasa-biasa saja dan tidak terjadi lonjakan penumpang. Ini karena Stasiun KA itu merupakan stasiun lintasan.

Setiap hari ada 16 KA penumpang yang melintas. Sementara Stasiun Tebingtinggi hanya mempunyai jatah 150 penumpang setiap harinya selama libur Lebaran ini.

Wali Kota juga mempertanyakan tentang keamanan,semua dalam kondisi aman terkendali. Di kedua pos itu, Pemko Tebingtinggi memberikan paket lebaran kepada petugas yang berjaga.