HETANEWS.COM

Pemkab Asahan Kumpulkan Zakat, Infaq dan Shadaqah

Wabup Asahan, Surya saat menyerahkan ZIS nya pada Baznas. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Menjelang datangnya 1 Syawal 1439 H, Aparatur Sipil Negara ( ASN ) Pemkab Asahan telah mengumpulkan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada tahun 2018.

Dengan hasil yang terkumpul sebesar Rp 808.663.000. Ini artinya ada peningkatan hasil  dana ZIS sebesar 3,60 persen bila dibanding tahun 2017 lalu sebesar Rp 780.571.000.

Pengumpulan dana ZIS  dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, pada  Minggu (10/6/2018) malam.

Bupati Taufan Gama Simatupang  melalui Wakil Bupati, Surya  mengatakan, zakat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilasanakan setiap individu ataupun badan yang memiliki harta.

"Maka zakat wajib dikeluarkan sesuai dengan aturan  yang berlaku, sehingga memiliki dimensi sosial dan mewujudkan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang yang tidak berkecupan serta permasalahan lain," ujar Wabup.

Surya juga mengatakan, sejak tahun 2011 Pemkab Asahan telah melakukan pengumpulan ZIS ini yang dimulai dari setiap individu ASN. Setiap ASN wajib mengeluarkan zakat dan infaq dari penghasilan yang secara langsung disalurkan kepada Baznas Kabupaten Asahan.

Adapun jumlah yang terkumpul dari pengumpulan ZIS sejak tahun 2011 sampai dengan pertengahan Juni 2018 sekitar  Rp 17.569.978.535.

Nmun pengumpulannya masih dirasa belum maksimal. Pasalnya belum memenuhi kewajiban tersebut.

"Kami yakin bila potensi zakat yang berasal dari muzakki se Kabupaten Asahan dapat terhimpun. Jika dikelola secara profesional, transparan dan tepat sasaran, maka dana dapat menjadi alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah, khususnya dalam pengentasan kemiskinan," ungkap Surya.

Penulis: heru. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan