HETANEWS

Warga Was-Was, Sungai Bilah Melebar Hantam Rumah dan Jalan Lintas Negeri Lama Kota 

Rumah warga di pinggiran Sungai Bilah. (foto/sofyan)

Labuhanbatu, hetanews.com - Bantaran pinggir Sungai Bilah tepatnya Negeri Lama kota. Panglong( Pajak Baru) Kampung Tengah dan Kampung Nelayan bakalan akan merobohkan rumah warga yang berdiri di pinggiran Sungai Bilah dan merambat ke jalan lintas.

Akibatnya pinggiran Sungai Bilah mengerus atau erosi dan longsor.

Ini sesuai pantauan wartawan, Jumat (8/6/2018) ketika ditinjau bersama pemerhati Lingkungan Independen Sumatera Utara dan Tokoh Pemuda, dan warga dengan menggunakan perahu mesin.

Bantaran pinggiran Sungai Bilah panjangnya hampir 1 km terlihat bangunan rumah warga yang sejak zaman dulu sekitar tahun 1980 pinggiran sungai tidak pernah longsor dan erosi, karena masih aktifnya angkutan air menuju Labuhan Bilik dan Sei Berombang dan Negeri Lama merupakan pusat pengangkutan jalur sir.

"Benar sejak tahun 2006  pinggiran Sungai Bilah mulai longsor. Kami yang mempunyai hak milik tanah yang menjorok ke sungai masih sesuai dengan ukuran di surat tanah. Saat ini sudah hampir separuh hilang," terang salah seorang warga, Usman.

Hal serupa juga terlihat dari beberapa bangunan rumah warga tiang penyangganya ditanamkan ke dalam Sungai BiLah dan makin lama longsor.

"Kalau kita hitung jarak longsornya pinggir Sungai Bilah dengan jalan lintas lebih kurang 15 atau 10 meter. Ini sangat berbahaya dan jika tidak dibangun atau dibentengi jalan lintas akan longsor," terang Raja.

Pemerhati Lingkungan Independen Sumatera Utara, Husni Kamil menilai, kondisinya rawan dan mengancam nyawa manusia akibatnya tanah yang di pinggiran akan longsor saat warga lagi istirahat.

Pihaknya juga minta Pemkab Labuhanbatu dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sumatera Utara secepatnya mengantipasi agar longsoran pinggiran sungai merambat dan menghantam Jalan Lintas dan merobohkan rumah warga.

Tokoh Pemuda Negeri Lama, Herry Ritonga bermohon kepada dinas terkait segera dibangun tembok penahan, sehingga longsoran pinggiran Sungai Bilah tidak menelan korban jiwa serta harta benda dan merambat ke jalan lintas.

Penulis: sofyan. Editor: aan.